IBL

Setelah sukses menumbangkan New York Knicks lewat babak tambahan (overtime), New Orleans Pelicans lagi-lagi melakukan hal serupa. Kali ini Pelicans membuat Boston Celtics harus mengalah di babak tambahan dengan skor 116-113. Mereka pun sukses membikin malu tuan rumah di hadapan penggemar mereka di TD Garden, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Rabu 17 Januari 2018.

Dalam pertandingan itu, Anthony Davis lagi-lagi tampil sebagai pahlawanan kemenangan. Ia bermain sangat baik dengan mencetak double-double 45 poin dan 16 rebound. Pemain Celtics tampak kewalahan menjaganya di berbagai sisi, baik di area lubang kunci, perimeter, maupun di belakang garis tripoin.  

Davis tentu saja tidak tampil sendiri. Point guard Jrue Holiday juga memberikan sumbangan berarti. Ia mencetak 23 poin dan 7 asis. Sementara itu, DeMarcus Cousins mengoleksi double-double 19 poin dan 15 rebound. Ian Clark juga cukup baik sebagai pemain pengganti dengan menyumbang 15 poin.

Pelicans memang cukup konsisten di paruh waktu pertama. Mulanya mereka menguasai bola pertama setelah memenangkan tip-off dan mencetak satu poin dari lemparan bebas. Setelah itu kedua tim bergantian mencetak poin sampai Pelicans perlahan-lahan meninggalkan Celtics di akhir kuarter ini. Tim asal New Orleans itu unggul 32-25.

Di kuarter dua, Kepala Pelatih Alvin Gentry memainkan pemain cadangan. Ian Clark yang menggantikan Rajon Rondo tampil baik di kuarter itu. Akan tetapi, para pemain Celtics ternyata tidak tinggal diam. Mereka memberikan perlawanan dengan menempel ketat perolehan poin tim tamu. Sayangnya, mereka cukup kesulitan membalikkan keunggulan. Pelicans masih tetap memimpin 58-48.

Masuk kuarter tiga, Kyrie Irving—yang pada pertandingan ini mencetak total 27 poin—memimpin timnya dengan baik. Ia pun berkali-kali mencetak angka demi membalikkan keunggulan, tapi Pelicans masih mampu menjaga asa. Anthony Davis dkk. terus memimpin 87-80.

Di kuarter empat, petaka muncul bagi Pelicans. Kegigihan para pemain Celtics membuat mereka akhirnya mampu mengimbangi skor. Jaylen Brown melakukan slam dunk dua tangan dan membuat skor imbang 95-95 di sisa 5.45 menit. Upaya itu menjadi momentum kebangkitan Celtics untuk kemudian menutup kuarter empat dengan skor 104-104. Mereka memaksa laga berlanjut ke babak tambahan.

Babak tambahan menjadi partaruhan. Kedua tim tampak tak mau kalah. Mereka mati-matian mencetak angka supaya tidak terpeleset di akhir. Permainan kolektif kedua tim lantas membuat skor ketat. Namun, upaya Jrue Holiday di detik akhir rupanya membuat Pelicans unggul. Ia melantun bola di sisi kanan serangan lalu melepas tembakan perimeter yang membuat timnya unggul 116-113. Kyrie Irving setelah itu berusaha menyamakan kedudukan lewat tripoin, tapi sayang tembakannya tidak menemui hasil. Pelicans menang.

Dengan demikian, Pelicans pun berhak pulang dengan satu kemenangan. Sejauh ini mereka telah mengemas tiga kemenangan sejak 13 Januari 2018 lalu. Selanjutnya mereka bakal menghadapi Atlanta Hawks esok hari. Sementara itu, Celtics sendiri bakal menjadi tuan rumah kembali dengan menjamu Philadelphia 76ers lusa.

Foto: AFP 

Komentar