IBL

Salah satu tim yang cukup senyap perbincangannya meski sudah memastikan diri lolos ke Playoff adalah Los Angeles Clippers. Bersama Dallas Mavericks, Clippers adalah dua tim terakhir Wilayah Barat yang lolos ke Playoff. Dengan persaingan di tiga teratas masih terjadi antara Denver Nuggets, Minnesota Timberwolves, dan Oklahoma City Thunder, kini tersisa hanya satu slot untuk lolos langsung ke Playoff dari Wilayah Barat. 

Clippers dan Mavericks belum mengunci posisi masing-masing. Namun, keduanya dipastikan berduel di ronde pertama karena mereka akan finis di peringkat empat dan lima. Sisa dua laga yang ada hanya memastikan siapa yang akan mendapatkan keuntungan laga kandang atau home court advantage.

Sepanjang perjalanan musim ini, Clippers banyak memiliki cerita. Kedatangan James Harden di awal musim, rentetan cedera, hingga permasalahan rotasi pemain veteran sempat menjadi perbincangan. Satu poin lain yang menjadi sorotan adalah Russell Westbrook yang bergeser ke bangku cadangan. Ini adalah musim pertama Westbrook menjadi pemain cadangan selepas musim pertamanya. Total dari 68 gim, hanya 11 di antaranya Westbrook menjadi starter. 

Menariknya, meski kini berbeda peran, Westbrook masih punya mentalitas bersaing yang sama. "Tidak ada pemain yang lebih baik dari saya yang memulai laga dari bangku cadangan," terang Westbrook dilansir ESPN usai laga melawan Cleveland Cavaliers, Senin (9/4). "Saya tahu siapa saya dan apa yang bisa saya berikan untuk tim saya". 

"Tidak ada yang bisa melakukan apa yang saya lakukan sejak saya datang ke NBA. Saya berada di posisi sekarang juga karena tidak ada yang tahu bahwa saya bisa melakukan ini di setiap malam, di setiap pertandingan yang saya mainkan. Saya melakukan yang perlu dilakukan untuk menjadi lebih baik dan memenangkan pertandingan," imbuhnya. 

Melihat situasi ini, Clippers secara keseluruhan pun memberikan apresiasi tinggi kepada Westbrook. Tiga veteran lain, James Harden, Kawhi Leonard, dan Paul George sepakat bahwa apa yang dilakukan Westbrook adalah sebuah pengorbanan besar yang tidak mudaj dilakukan. 

"Kami semua berhutang kepada Westbrook untuk apa yang ia lakukan. Kami harus berhasil mendapatkan kemenangan, menjadi juara, untuk menebus pengorbanannya musim ini," ujar George dalam kesempatan terpisah. 

"Apa yang Westbrook lakukan adalah sebuah hal yang besar. Kredit untuk Westbrook atas performa saya musim ini," imbuh Harden. "Di titik ini, kami akan melakukan apapun untuk juara. Melihat yang Westbrook lakukan membuat saya sadar saya harus menjalankan serangan dengan baik. Saya harus menyadari peran saya untuk memenangkan tim ini," tutupnya. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images 

Komentar