IBL

Bicara soal tripel-dobel, akhir-akhir ini kita sering mendengar hasil dari Nikola Jokic. MVP dua kali itu memang memimpin liga dengan tripel-dobel dalam dua musim terakhir. Tetapi rekor tripel-dobel masih dipegang oleh Russell Westbrook.

MVP 2017 itu telah mengumpulkan 198 tripel-dobel. Westbrook juga menatap rekor sebagai peraih 200 tripel-dobel pertama dalam sejarah. Meski Jokic melambung dalam beberapa musim terakhir, Westbrook menegaskan dirinya merupakan monster tripel-dobel.

“Tidak ada yang seperti saya. Itu sudah jelas. Nikola adalah pemain yang hebat. Tetapi dia bukan saya. Saya juga bukan dia,” kata Westbrook usai kemenangan Clippers 102-100 atas Nuggets kemarin di Crypto.com Arena, Los Angeles dilansir melalui laman Bleacher Report.

Baca juga: Clippers Membuat Tripel-dobel Nikola Jokic Terasa Hampa

Pada gim tersebut, Jokic mencatat tripel-dobel ke-24 musim dengan 36 poin, 17 rebound, dan 10 asis. Sementar Westbrook memang telah melalui puncak kariernya. Kini ia menjadi pemain cadangan Clippers dan meraih 12 poin, 6 rebound, dan 5 asis.

“Sudah jelas Nikola merupakan pemain hebat. Dia memenangkan MVP dua kali. Garda yang tangguh, pemberi umpan yang luar biasa, dan tahu cara bermain, serta kompetitif. Kami mendapatkan yang terbaik darinya malam ini,” kata pemain veteran berusia 35 tahun itu.

Pada masa jayanya, Westbrook empat kali menjadi peraih tripel-dobel terbanyak dalam satu musim. Puncaknya pada musim 2016-2017 saat ia mencatat 42 tripel-dobel. Itu menjadi catatan terbanyak dalam sejarah. Bahkan melebihi Oscar Robertson pada musim 1861-1962 dengan 41 tripel-dobel.

Baca juga: Gilbert Arenas Sebut Nikola Jokic Sebagai MVP Terburuk

Sementara itu, Jokic masih memiliki rekor terbaik 29 tripel-dobel dalam satu musim pada 2022-2023. Jokic mengumpulkan 129 tripel dobel sepanjang kariernya dan keempat di liga di bawah Robertson (181) dan Magic Johnson (138)

Dengan usia masih 29 tahun, Jokic diperkirakan masih mendominasi liga selama lima tahun lagi. Tetapi Jokic mendapat saingan yakni Domantas Sabonis. Musim ini Sabonis mengambil alih dengan raihan 26 tripel-dobel. Pemain Sacramento Kings itu menempati posisi ke-11 dengan 58 tripel-dobel secara keseluruhan. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar