IBL

Nikola Jokic telah mencetak tripel-dobel 108 kali. Catatan itu terjadi saat Jokic mengantar Denver Nuggets mengalahkan New Orleans Pelicans 134-116. Jokic mencatat 35 poin, 14 rebound, dan 12 asis.

Jokic pun resmi menggeser posisi LeBron James dan Jason Kidd diurutan keempat tripel-dobel terbanyak NBA. LeBron dan Kidd masing-masing memiliki 107 tripel dobel dalam kariernya.

Dalam posisi empat besar tripel-dobel terbanyak itu hanya dihuni oleh dua pemain aktif. Jokic kini hanya mengejar rekor Russell Westbrook. Pemain Los Angeles Clippers memimpin klasemen dengan 198 tripel-dobel.

Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati oleh pemain non aktif. Artinya rekor mereka sudah terhenti. Oscar Robertson berada di posisi kedua dengan 181 tripel-dobel. Disusul Magic Johnson dengan 138 tripel-dobel.

Menurut StatMuse, Jokic menjadi satu-satunya pemain dengan +10 tripel-dobel yang akurasinya mencapai 75 persen atau lebih tinggi dalam 40 musim terakhir. Saat gim melawan Pelicans itu, Jokic mencetak 12 tembakan tepat sasaran dari 16 percobaan.

Sementara itu, selisih Jokic dengan Johnson adalah 30 tripel-dobel. Jokic memiliki kesempatan menyalip rekor Johnson itu musim ini. Hal tersebut berdasarkan performa Jokic musim lalu. Pada NBA 2022-2023, Jokic mencetak 39 tripel-dobel. Rinciannya 29 kali di musim reguler dan 10 kali di babak playoff. Catatan ini membuat Jokic seakan sudah sangat biasa meraih tripel-dobel.

Sedangkan selisih Jokic dengan rekor Westbrook adalah 90 tripel-dobel. Dengan produktivitas Jokic saat ini, sangat mungkin rekor Westbrook akan segera tergeser. Musim lalu Westbrook hanya mencetak 4 tripel-dobel.

LeBron juga masih berpeluang menambah catatan tripel-dobelnya. Tapi sama seperti Westbrook, LeBron pun tidak setajam Jokic. Musim lalu LeBron hanya mencetak dua tripel-dobel.

Dalam pemain aktif NBA, Domantas Sabonis yang memiliki produktivitas tripel-dobel terbanyak di bawah Jokic. Pemain Sacramento Kings itu mencatat 14 tripel-dobel selama musim 2022-2023. Disusul Luka Doncic dengan 10 tripel-dobel. (rag)

Foto: Lakers Daily

Komentar