IBL

Sudah dua gelaran terakhir Amerika Serikat tak mampu membawa pulang gelar juara di Piala Dunia FIBA. Lebih buruk lagi, mereka bahkan gagal meraih medali di dua gelaran terakhir. Hal ini seolah membangun asumsi bahwa basket Amerika Serikat semakin terkejar oleh basket dunia. 

Meski dalam dua gelaran terakhir, Amerika Serikat memang tak bisa disebut turun dengan skuad terbaiknya, fakta bahwa mereka bahkan tak mencapai final adalah sebuah kenyataaan pahit. Siapapun pemainnya, level mereka sudah di NBA dan tak seharusnya pemain NBA kalah tidak sampai di final. 

Situasi ini pun diamini oleh Direktur Tim Nasional Amerika Serikat, Grant Hill. Dalam perbincangan dengan wartawan senior ESPN, Adrian Wojnarowski, Grant Hill mengungkapkan beberapa hasil evaluasinya setelah kegagalan di Piala Dunia FIBA 2023. 

"Seorang pelatih pernah bicara kepada saya. Anda butuh seorang yang mengkalibrasi piano, pemindah piano, dan seorang pemain piano untuk membuat sebuah gelaran piano," buka Hill pada acara The Woj Pod, "Anda butuh mereka betiga untuk bekerja dengan baik, memberikan performa terbaik mereka. Hal ini sama dengan membentuk tim. Anda tak bisa hanya memiliki pemain berkaliber superstar. Anda butuh orang yang membawa dan memindahkan piano".

"Membangun skuad untuk Amerika Serikat memang seperti itu. Beberapa nama memang lebih terkenal daripada yang lain, namun mereka semua memiliki kemamouan untuk berkontribusi di level FIBA. Dalam NBA, Anda bisa mengalahkan lawan dalam permainan satu lawan satu, kemampuan individu yang luar biasa. Namun di level FIBA, mereka mengalahkan Anda dengan eksekusi yang tepat. Mereka tidak sungguh-sungguh punya pemain yang bisa mematikan dalam satu lawan satu. Mereka mengeksekusi strategi dengan baik," imbuhnya. 

Hill juga melihat kontak fisik yang cukup tinggi di level FIBA. Menurutnya, kontak fisik ini sudah tidak ada NBA. "Level kontak fisik di FIBA sekarang bisa saya bilang lebih mikrip dengan era New York Knicks di 90-an dan Pistons Bad Boys di akhir 80-an. Kita tidak punya ini di NBA. Kita perlu banyak penyesuaian di sektor ini. Ada beberapa pemain yang tak sesuai dengan ini, ada yang cukup mumpuni," pungkasnya. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

Komentar