IBL

Dallas Mavericks memberikan pelayanan khusus untuk Kyrie Irving. Ya, Irving yang menjadi muslim sejak 2021 itu sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Untuk memastikan Irving tetap tampil prima, Mavericks menyediakan juru masak khusus.

Hal itu diungkapkan oleh Brian Dameris dari Bally Sports Southwest. Dameris mengungkapkan ada juru masak pribadi yang memastikan kebutuhan nutrisi Irving terjaga saat menjalankan puasa dan tetap bermain di musim reguler. Apalagi Irving merupakan seorang vegan alias tidak menyantap daging.

“Mavericks telah mengirimkan juru masak pribadi untuk Kyrie agar ia bisa menyantap makanan vegan begitu matahari terbenam saat dia menjalankan Ramadhan sambil terus bermain. Mavs memang begitu menjaga Kyrie,” ungkapnya dilansir melalui laman Bleacher Report.

Meski sedang puasa, performa Irving terbukti tidak terganggu. Dalam dua gim terakhir ia mendapat pujian karena membawa Mavs meraih kemenangan sensasional. Irving mencatat rataan 25 poin dan 7 asis dalam lima gim terakhir dengan akurasi 52,2 persen. Irving menyebutnya sebagai sebuah keajaiban. Rekan setimnya, Luka Doncic, mengaku takjub dengan hal tersebut.

Hal yang sama juga pernah dilakukan oleh Hakeem Olajuwon. Legenda Houston Rockets itu mengakui saat puasa justru membuatnya lebih kuat dan energik. Saat Ramadhan tahun ini tiba, Olajuwon juga memberi ucapan selamat kepada para muslim yang sedang menjalankan ibadah.

“Puasa adalah pola pikir spiritual yang memberi Anda stamina yang dibutuhkan untuk bermain. Dengan rahmat Allah, saya selalu merasa lebih kuat dan energik selama Ramadhan,” kata Olajuwon dalam The Undefeated pada 2017 lalu.

Irving dan Olajuwon merupakan pemain muslim di NBA. Selain mereka, ada beberapa pemain NBA muslim lainnya. Seperti Jusuf Nurkic (Phoenix Suns) dan Dennis Schroder (Toronto Raptors). Jaylen Brown dikabarkan juga sedang mempelajari Islam meski belum pernah mengonfirmasinya.

Legenda NBA Kareem Abdul-Jabbar merupakan seorang mualaf yang sebelumnya bernama Ferdinand Lewis Alcindor Jr. Puasa merupakan ibadah wajib umat muslim. Para pemain tersebut tetap menjalankan ibadahnya di tengah pertandingan NBA yang sangat intens. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar