IBL

Isaiah Thomas mendapatkan kesempatan kembali ke NBA. Phoenix Suns adalah tim yang membuka pintunya untuk Thomas dengan kontrak 10 hari. Sebelumnya, Thomas tampil memukau di empat gim bersama Salt Lake City Stars di NBA G-League dengan rataan 32,5 poin per gim. 

Meski memberikan kesempatan untuk kembali berada di atmosfer NBA, Suns tak memberikan jaminan apa-apa untuk Thomas. Kepala pelatih Suns, Frank Vogel, bahkan terang-terangan mengenai situasi yang ada di Suns dan yang akan dihadapi oleh Thomas dalam 10 hari ini. 

"Situasi jelas tidak mudah untuk Thomas. Saat kami sedang dalam kekuatan penuh, ia (Thomas) tidak akan ada dalam rotasi pemain kami," buka Vogel kepada awak media usai latihan tim. "Sangat mungkin bahkan Thomas tak akan bermain sekalipun saat kami memiliki kekuatan penuh selama 10 hari ke depan. Pun demikian, kami percaya dia, kami menilai tinggi permainannya".

"Untuk sekarang, kita akan punya kesempatan untuk melihat ada di fase mana karier Thomas. Ia masih berusaha bersaing untuk kesempatan yang ada. Kami akan melihat bagaimana ia menyatu dengan tim. Thomas adalah pemain yang dihormati dan disukai di liga, ia adalah salah satu contoh terbaik NBA," pungkasnya. 

Menginjak usia 35 tahun, perjalanan jelas tidak mudah untuk Thomas di NBA. Namun begitu, ia meyakini bahwa kondisi fisiknya sekarang jauh lebih baik ketimbang dulu, ketimbang tahun 2014 di mana ia membela Suns untuk kali pertama. 

Thomas adalah salah satu dari sekian banyak pemain yang perjalanan kariernya berubah drastis pascacedera. Ia menjalani tahun terbaiknya di NBA pada 2016 & 2017 dengan terpilih sebagai All Star dan kandidat MVP. Namun, setelahnya ia bermasalah dengan panggul yang membuatnya naik meja operasi dan kesulitan kembali ke performanya yang dulu. 

"Operasi pada 2017 tak sepenuhnya berhasil utnuk saya. Tubuh saya lantas merasa saya harus operasi lagi di 2020 dan ini berhasil mengubah hidup saya," tutur Thomas kepada Bleacher Report. "Ini mempengaruhi kehidupan saya sehari-hari, seperti saya tak lagi kesakitan dalam menjalani kehidupan. Sebelumnya, saya bak berjalan dengan satu kaki saja," tutupnya. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

Komentar