IBL

Kepala pelatih baru Phoenix Suns, Frank Vogel akhirnya muncul dalam sebuah wawancara. Memang sudah lama dia dinantikan, setelah semua yang terjadi di bursa transfer tahun ini. Suns mengakuisisi pemain-pemain yang punya reputasi menyerang bagus, namun tidak ada tambahan dari sisi pertahanan. Itulah pertanyaan pertama yang ditanyakan kepada Vogel. 

Suns mengakuisisi Bradley Beal, Eric Gordon, Yuta Watanabe, Keita Bates-Diop, Drew Eubanks, dan Chimezie Metu. Kehadian mereka membuat Suns punya banyak pilihan untuk menyerang, di samping Kevin Durant dan Devin Booker. Namun masalahnya, Suns perlu meningkatkan kemampuan bertahan. Sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh Monty Williams.

Puncak kekecewaan manajemen adalah ketika Suns, tersingkir dari playoffs tahun ini lebih awal. Sehingga tidak sampai 48 jam setelah harus mengecewakan tersebut, Monty Williams diberhentikan. Masalahnya sudah jelas bahwa Williams tidak bisa membuat pertahanan Suns kuat. Akhirnya manajemen memilih Frank Vogel, pelatih dengan latar belakang sistem pertahanan yang bagus. Seperti yang ditunjukkan ketika memimpin Los Angeles Lakers juara NBA di tahun 2020. 

Vogel mengaku senang mendapatkan tantangan baru di Suns. Apalagi, mereka punya pemain-pemain berkualitas. Meski dia sadar bahwa ada tugas penting menanti di depan mata. "Bagi saya, pemain yang punya gaya bertahan tidak banyak di liga ini. Saya suka orang-orang yang telah kami tambahkan. Ini akan menjadi tim yang harus ditingkatkan dari lini pertahanan," kata Vogel, dikutip dari Arizona Republic

Foto: Sporting News

Suns saat ini masih memiliki Deandre Ayton. Meski banyak rumor mengenai pemain tersebut, Vogel masih yakin Ayton bertahan di Suns. Menurutya, membangun pertahanan di bawah kendali Ayton akan jadi rencana besarnya. "Dia bisa menjadi jenderal pertahanan yang hebat. Meski masih ada area yang bisa dikembangkan untuk menyerang. Tapi saya pribadi berniat untuk mengembalikan Ayton ke jantung pertahanan tim," katanya. 

Vogel punya rencana untuk membuat Ayton jadi benteng terakhir di bawah ring. Karena itu, dia akan memaksimalkan potensi yang dimiliki Ayton. Hal yang sama juga pernah dilakukan ketika Vogel membuat Anthony Davis jadi pemain bertahan terbaik di Lakers. 

"Saya selalu memiliki pelindung ring elit, dan Anda bisa menghadapi semua tim dengan itu. Karena ketika ada pemain yang berada di depan ring dan menghalangi semua pemain yang menyerang ring, maka tim tersebut semakin kuat," ungkap Vogel. 

Tak ada keraguan, baik dari penggemar dan pengamat tentang strategi menyerang Suns. Mereka punya banyak pilihan pemain untuk itu. Tetapi pertahanan yang baik, dapat menentukan sejauh mana Suns bisa bertahan di playoffs tahun depan. (*)

Foto: AZ Family

Komentar