IBL

Victor Wembanyama berhasil memenuhi ekspektasi publik di musim pertamanya. Sebagai ruki yang paling dinantikan sejak LeBron James pada 2023, pemain yang akrab disapa Wemby ini berhasil menunjukkan performa yang luar biasa, baik secara menyerang maupun bertahan. 

Khusus untuk bertahan, Wemby bahkan memimpin NBA untuk catatan blok per gim. Pemain asal Prancis ini memiliki rataan 3,4 blok per gim. Bahkan, ia sempat membukukan tripel-dobel dengan 10 blok, sesuatu hal yang cukup jarang terjadi di NBA. 

Meski mendominasi secara pertahanan, Wemby tetap menunjukkan sikap hormat kepada seniornya di NBA dan Prancis, Rudy Gobert. Dilansir San Antonio Express-News, Wemby bahkan mendukung untuk Rudy mendapatkan gelar pemain bertahan terbaik atau Defensive Player of the Year (DPOY). 

"Saya paham Rudy memiliki peluang yang sangat besar untuk memenangkan gelar tersebut dan rasanya ia juga layak mendapatka gelar itu," buka Wemby. "Biarkan Rudy memenangkan gelar itu sekarang, karena setelahnya, ia tak akan lagi punya kesempatan," tandasnya penuh percaya diri. 

Ya, Wemby mendukung Rudy tapi juga menegaskan posisinya yang sangat mengancam posisi seniornya. Satu-satunya masalah Wemby saat ini adalah kekuatan San Antonio Spurs yang tak mumpuni. Tim ini masih dalam proses pembangunan ulang (rebuild), sehingga rekor mereka (14-52) membuat catatan Wemby tak relevan. 

Untuk Rudy, jika gelar DPOY musim ini ia dapatkan, maka ia akan mencetak sejarah baru. Pemain Minnesota Timberwolves ini akan jadi pemain pertama dalams ejarah NBA yang punya empat gelar DPOY. Sebelumnya, Rudy meraih gelar ini pada 2018, 2019, dan 2021 yang semuanya ia raih dengan panji Utah Jazz. 

Musim ini, Rudy memimpin NBA sebagai pemain dengan defensive rating terbaik di angka 104,2. Ia juga menjadi satu dari delapan pemain yang memiliki rataan setidaknya 2,0 blok per gim. Posisi Timberwolves yang ada di jajaran atas klasemen sementara Wilayah Barat dan pemilik pertahanan terbaik di liga bisa jadi sokongan untuk Rudy mendapatkan gelar keempatnya. 

Menarik melihat bagaimana koneksi senior-junior ini. Keduanya memang dikenal memiliki hubungan baik di dalam dan di luar lapangan. Koneksi keduanya ini akan menjadi titik krusial untuk Prancis dalam berlaga di Olimpiade Paris 2024, Agustus nanti. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

Komentar