IBL

Nama Victor Wembanyama berhasil membahana di musim pertamanya beredar di NBA. Datang dari Prancis dengan ekspektasi tinggi, pemain yang akrab dengan sapaan Wemby ini langsung menunjukkan bahwa ia layak bahkan mungkin akan terus melebihi ekspektasi publik yang ada. 

Bintang NBA yang bermain untuk Dallas Mavericks, Kyrie Irving, angkat bicara mengenai Wemby. Dilansir Basketnews, Kyrie menyanjung tinggi ruki asal Prancis tersebut. Bahkan, Kyrie merasa Wemby layak mendapatkan gelar pemain bertahan terbaik atau Defensive Player of the Year (DPOY). 

"Ia melakukan hal-hal yang dilakukan oleh seorang peraih gelar DPOY," buka Kyrie. "Ia menunjukkan bahwa ia mampu membukukan catatan-catatan statistik peraih DPOY sebelumnya. Anda bisa melihat itu. Saya tidak tahu siapa yang akan memenangkan gelar itu, namun untuk saya ia memenuhi kriteria untuk menjadi kandidat terdepan. Sebegai seorang kompetitor, saya senang untuk menghadapi pemain seperti Wemby. Jika Anda bisa mencetak poin di hadapan pemain sepertinya, Anda akan merasa bisa mencetak poin di hadapan semua pemain di NBA," imbuhnya. 

"Wemby jelas akan melakukan blok kepada beberapa tembakan kalian. Hal itu akan membuat Anda melakukan perubahan dalam melakukan penyelesaian di area ring. Itu membuat Anda menjadi lebih baik sebagai pemain dan saya senang atas hal itu. Saya rasa semua orang harus menyadari hal tersebut. Sekali lagi, ia melakukan segala yang dilakukan oleh seorang DPOY," tutupnya. 

Wemby tampil 61 gim musim ini. Ia memiliki rataan 20,7 poin, 10,4 rebound, 3,5 asis, dan 3,5 blok per gim. Rataan blok tersbeut jadi yang tertinggi di liga. Wemby juga menjadi satu-satunya ruki yang mampu membukukan tripel-dobel musim ini dan itupun dengan catatan 10+ blok. Ada 20 gim di mana Wembu mencetak setidaknya lima blok dalam satu gim. Ini juga catatan terbanyak di NBA.

(Baca juga: Tentang DPOY, Wemby: Biarkan Rudy Gobert Menang Musim Ini)

Meski mendapatkan dukungan dari Kyrie dan secara angka memang superior, Wemby berusaha tetap rendah hati. Dalam kesempatan terpisah sebelumnya, Wemby bahkan menjagokan seniornya di tim nasional Prancis, Rudy Gobert, untuk memenangkan gelar ini. Rudy sendiri sudah tiga kali meraih gelar DPOY. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

Komentar