IBL

NBA menjatuhkan skorsing atau larangan bermain selama tiga gim dan tanpa bayaran untuk Isaiah Stewart. Pemain Detroit Pistons itu dinyatakan terbukti bersalah atas pemukulan terhadap center Phoenix Suns, Drew Eubanks pada 14 Februari 2024 di Footprint Center, Arizona.

“Stewart meninju dan mendorong Eubanks selama pertengkaran tersebut. Stewart akan memulai skorsingnya pada pertandingan musim reguler NBA berikutnya saat dia sudah mampu bermain secara fisik,” tulis NBA.

Stewart telah absen sejak 28 Januari karena cedera pergelangan kaki. Tetapi setelah jeda All-Star 2024, Stewart bisa tampil hari ini melawan Indiana Pacers. Karena adanya skorsing, Stewart akan melewatkan tiga gim berikutnya. Pistons dijadwalkan bertanding melawan Orlando Magic besok lusa. Dilanjutkan pertandingan dengan New York Knicks (26/2) dan Chicago Bulls (27/2).

Baca juga: Drama Pistons vs Suns, Stewart Ditangkap Polisi, Booker Terusir di Menit Ke-7

Pada lawatan ke Phoenix tersebut, Stewart terlibat masalah dengan Eubanks. Perkelahian terjadi. Pada akhirnya Stewart sempat diamankan pihak kepolisian. Stewart kemudian dilepaskan lagi dan proses penyelidikan oleh NBA berjalan.

Dalam keterangan dari kepolisian, insiden Stewart dan Eubanks terjadi di terowongan parkir arena di pusat kota Phoenix. Sekitar pukul 16.45 waktu setempat, petugas kepolisian yang bekerja sama dengan petugas keamanan setempat di kandang Suns, dipanggil karena ada perkelahian pemain di arena parkir.

Dari penuturan saksi mata, mereka melihat Stewart memukul Eubanks yang membuat center tersebut cedera ringan. Eubanks tetap tampil di pertandingan melawan Pistons beberapa jam kemudian.

Skorsing Stewart menambah buruk catatan Pistons yang sudah buruk di musim ini. Mereka menjadi tim terburuk di liga dengan rekor menang kalah 8-47. Pistons bahkan mendapat rekor kekalahan beruntun 28 gim pada musim ini. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar