IBL

Pertandingan Detroit Pistons dan Phoenix Suns berjalan penuh drama. Bukan karena kemenangan Suns 116-100 atas Pistons. Tetapi karena berbagai keributan yang terjadi di Footprint Center, Phoenix, Arizona bahkan sebelum gim tersebut dimulai.

Center Pistons Isaiah Stewart sempat diamankan polisi. Penyebabnya karena Stewart memukul center Suns Drew Eubanks beberapa jam sebelum pertandingan. Stewart mendapat tuntutan meski kemudian dibebaskan. Sebenarnya Stewart tidak bermain karena mengalami masalah pergelangan kaki. Eubanks sendiri bermain selama 18 menit dengan kontribusi 6 poin dan 8 rebound.

Pertengkaran itu terjadi saat mereka memasuki arena. Bermula dari adu argumen, keduanya kemudian terlibat adu jotos. Perkelahian itu membuat pihak keamanan turun tangan. Meski mengaku baik-baik saja dan tetap bertanding, polisi melaporkan Eubank mengalami cedera ringan.

“Serangan terhadap Drew Eubanks tidak beralasan dan tindakan kekerasan ini tidak bisa diterima. Kami mendukung Drew dan akan terus bekerja sama dengan penegak hukum setempat dan NBA,” tulis Suns.

Insiden itu akan diselidiki oleh NBA. Kemungkinan nantinya ada sanksi yang dijatuhkan. Di sisi lain, pelatih Pistons yang musim lalu dipecat oleh Suns, Monty Williams, lebih bijak. Ia menyayangkan komentar Suns yang menghakimi terlalu dini. Williams mengatakan sebaiknya menunggu hasil penyelidikan baru membuat komentar.

Ini bukan pertama kalinya Stewart terlibat perkelahian. Pada tahun 2021, Stewart juga pernah bertengkar dengan LeBron James. Pada akhirnya Stewart mendapat skors dua gim dan LeBron satu gim.

Berlanjut ke arena pertandingan. Suns harus kehilangan Devin Booker lebih dini. Booker dikeluarkan dari pertandingan pada menit ketujuh. Ia mendapat dua technical foul dalam waktu yang sangat singkat karena memprotes wasit. Booker bermain tidak sampai enam menit dengan 7 poin.

Untungnya Suns masih terlalu perkasa untuk Pistons. Kevin Durant mengumpulkan 25 poin, 6 rebound, 6 asis, dan 2 blok. Jusuf Nurkic dobel-dobel 10 poin, 13 rebound, plus 7 asis. Saben Lee memberikan 16 poin, 6 rebound, dan 4 steal. Serta Eric Gordon dengan 13 poin.

Foto: Christian Petersen/Getty Images

Komentar