IBL

Timnas Indonesia menelan kekalahan di laga perdana Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. Indonesia takluk dari Thailand 56-73 di Nimibutr Stadium, Bangkok pada Jumat (23/2). Pelatih Milos Pejic mengatakan bahwa hasil pertandingan tersebut menjadi pengalaman berharga bagi skuad muda Indonesia.

Baca juga: Akurasi Hanya 27 Persen, Indonesia Babak Belur Lawan Thailand

Dalam jendela pertama Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 ini, Indonesia lebih banyak menurunkan skuad muda. Tetapi mereka juga membawa dua pemain senior yaitu Kaleb Ramot Gemilang dan Lester Prosper. Sayangnya, mayoritas skuad muda timnas itu tidak memiliki waktu bermain yang cukup di klub masing-masing.

“Kami tahu bahwa pemain-pemain kami adalah pemain muda. Kami melawan tim Thailand yang sudah bersama hampir lima tahun. Dengan modal ini, Thailand menjadi salah satu tim di Asia Tenggara yang berpengalaman dan kompak,” kata Milos dalam keterangan resminya pada Sabtu, 23 Februari 2024.

Penampilan Indonesia kemarin memang tidak sesuai harapan. Agassi Goantara dkk hanya memimpin di lima menit pertama. Setelah itu dihajar Thailand hingga mencapai defisit 22 poin. Bahkan Indonesia hanya mampu mencapai akurasi 27 persen.

Baca juga: Pemanggilan TC Timnas Putra Indonesia yang Semakin Tak Berdasar

Milos berdalih pemanggilan pemain muda untuk regenerasi. Mereka langsung diterjunkan di event utama FIBA dimana ini menjadi jalan Indonesia untuk lolos ke putaran final FIBA Asia Cup 2025 di Jeddah, Arab Saudi.

"Saya sengaja memilih pemain muda ini karena kedepannya yang menurut saya akan dapat bermain bersama pemain senior di SEA Games nanti bersama Derrick Michael, Andakara Prastawa, Arki Wisnu, Yudha, Bolden, Abraham, Brandon, dan lainnya,” kata pelatih asal Serbia itu.

“Kami menginvestasikan mereka saat ini dan butuh waktu serta kesabaran untuk mereka menjadi pemain bagus. Semoga investasi kami di timnas ini bisa muncul pemain yang bisa menggantikan senior-senior mereka,” lanjutnya.

Perjalanan Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 memang akan semakin berat. LAwan berikutnya adalah Australia yang merupakan juara bertahan. Pertandingan berlangsung pada besok lusa di Indonesia Arena, Jakarta. (rag)

Foto: FIBA Asia

Komentar