IBL

PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional (BTN) mengumumkan roster pemain timnas putra Indonesia yang akan berlaga di Jendela Pertama Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. Ada 12 pemain yang terpilih dari 19 nama yang masuk pemusatan latihan.

Dari 12 nama yang terpilih, rata-rata merupakan pemain muda yang berusia 23 tahun. Lester Prosper menjadi yang paling senior dengan usia 35 tahun. Sedangkan Kaleb Ramot Gemilang berusia tiga tahun lebih muda. Selain itu, hanya ada dua pemain peraih emas SEA Games 2022 yang ikut serta. Mereka adalah Agassi Goantara dan Vincent Rivaldi Kosasih.

Timnas Indonesia akan menjalani laga perdana melawan Thailand di penyisihan Grup A. Pertandingan tersebut digelar pada besok lusa (22/2) di Nimibutr Stadium, Bangkok pada pukul 19.00 WIB.

Kemudian pertandingan kedua pada Minggu (25/2). Indonesia akan menjamu juara bertahan Australia. Berdasarkan keterangan di website FIBA Asia, pertandingan itu akan diadakan di Indonesia Arena, Jakarta pada pukul 20.00 WIB.

Timnas Indonesia telah menggelar pemusatan latihan di Jakarta sejak 6 Februari 2024. Tetapi dari 19 nama yang dipanggil, ada tiga pemain yang mengundurkan diri. Mereka adalah Yudha Saputera (operasi amandel), Kelvin Sanjaya (cedera bahu), dan Pandu Wiguna (cedera lutut).

Sebagai persiapan menghadapi jendela pertama Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025, timnas menjalani dua laga uji coba. Pada uji coba pertama imbang 83-83 melawan Satria Muda Pertamina Jakarta. Kemudian menang 96-70 dari Borneo Hornbills.

“Banyak pemain dari tim ini yang memiliki menit bermain sedikit (di IBL). Jadi, salah satu kunci kami sebagai tim itu mainnya harus agresif. Terutama defense karena offense kami persiapannya cuma sebentar bangat. Terus harus satu sistem yang sama itu susah sekali,” kata Kaleb usai uji coba lawan Satria Muda pada 16 Februari 2024. (rag)

 

Pemain Indonesia di Jendela Pertama Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025:

Agassi Goantara

Ali Bagir Alhadar

Aldy Izzatur Rohman

Hendrick Xavi Yonga

Kaleb Ramot Gemilang

Julian Chalias

Lester Prosper

Muhamad Arighi

Reza Guntara

Vincent Rivaldi Kosasih

Yesaya Saudale

Widyanta Putra Teja

 

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar