IBL

Ratusan pelayat menghadiri pemakaman asisten pelatih Golden State Warriors Dejan Milojevic di Beograd, Serbia, hari Senin (12/2) waktu setempat. Pemakaman mantan mentor MVP NBA Nikola Jokic tersebut semakin mengharukan di tengah guyuran hujan. Tampak kepala pelatih Warriors, Steve Kerr, menghadiri pemakaman asistennya, yang meninggal karena serangan jantung, bulan lalu.  

Foto: AP News

Milojevic meninggal pada 17 Januari di Salt Lake City, di mana dia dirawat di rumah sakit setelah keadaan darurat medis saat makan malam tim pribadi. Milojevic, bagian dari staf yang membantu Warriors memenangkan gelar juara NBA 2022, meninggal di usia 46 tahun.

Kematian Milojevic memicu curahan simpati besar-besaran dari komunitas bola basket dan penggemar di tanah airnya, di mana ia menjadi pemain bintang bersama Partizan Belgrade dan klub lain di Serbia, Montenegro, Turki, dan Spanyol sebelum beralih ke dunia kepelatihan. 

Presiden Federasi Bola Basket Serbia, Predrag Danilovic, mengatakan tidak ada orang yang tidak menghormati dan mencintai Milojevic. "Seorang pemain bola basket yang hebat, pelatih yang hebat meninggalkan kami, dan yang terpenting adalah seorang pria hebat, seorang pria tanpa satu noda pun. Saya mendapat kehormatan dan kesenangan bisa berteman dengannya meskipun kami tidak bermain bersama," ujarnya. 

Foto: Chicago Tribune

Milojevic sedang menjalani musim ketiganya bersama Warriors. Dia sebelumnya melatih di Serbia, di mana dia pernah bekerja dengan Nikola Jokic muda sebelum dia menjadi bintang Denver Nuggets seperti sekarang. Milojevic juga pernah menjadi asisten pelatih untuk tim nasional Serbia bersama asisten Atlanta saat ini, Igor Koskoskov. Selain Jokic, Milojevic juga pernah bekerja sama dengan Ivica Zubac, Goga Bitadze dan Boban Marjanovic. 

Milojevic memenangkan tiga penghargaan MVP berturut-turut di Liga Adriatik, yang terdiri dari tim-tim dari bekas Yugoslavia, meraih trofi tersebut pada tahun 2004, 2005 dan 2006 ketika berada di puncak karir bermainnya. 

Sebelum bergabung dengan Warriors, Milojevic memiliki pengalaman NBA melalui tugas asisten pelatih Atlanta Hawks, San Antonio Spurs, dan Houston Rockets di Summer League. Milojevic meninggalkan istrinya, Natasa, serta dua anaknya, Nikola dan Masa. (*)

Foto: San Diego Union Tribune

Komentar