IBL

Ada yang menarik di batas waktu pertukaran pemain NBA tahun ini, yaitu cara Toronto Raptors membersihkan ruang gaji mereka. Raptors mengakuisisi Spencer Dinwiddie dari Brooklyn Nets, setelah itu mereka melepaskannya. Demi melakukan hal tersebut, Raptors rela melepas Dennis Schroder dan Thadeus Young. 

Diawali dari pertukaran pemain yang diberitakan oleh Jake Fischer dari Yahoo!Sports. Mereka menukar Dennis Schroder dan Thaddeus Young untuk mendapatkan Spencer Dinwiddie dari Brooklyn Nets. Setelah itu, muncul laporan Shams Charania dari The Athletic yang mengabarkan bahwa Raptors melepaskan Dinwiddie dalam transaksi yang bisa membersihkan ruang gaji mereka, dengan berakhirnya masa kontrak Dinwiddie. 

Kesepakatan untuk Dinwiddie adalah kesepakatan keempat musim ini. Mereka sebelumnya sudah melepas Pascal Siakam dan OG Anunoby. Raptors memperoleh Bruce Brown Jr. sebagai ganti Siakam, dan mendapatkan RJ Barrett dan Immanuel Quikley dari New York Knicks untuk peremajaan roster. Raptors juga dilaporkan mengakuisisi Kelly Olynyk dan Ochai Agbaji dari Jazz. 

Charania juga memberikan rincian mengenai strategi Raptors yang melepas Dinwiddie. Pemain berusia 30 tahun tersebut berada dalam tahun terakhir dari kontrak senilai 54 juta dolar Amerika berdurasi tiga tahun. Sehingga dia akan menjadi pemain "free agent" di akhir musim. Sehingga dengan mengakuisisi Dinwiddie, mereka bisa punya ruang gaji sekitar 18 juta dolar Amerika di akhir musim. 

Masalahnya, Dinwiddie ternyata punya klausul kontrak yang unik. Dia mendapatkan 1,5 juta dolar untuk setiap pertandingan yang dimainkan. Sehingga cara paling mudah untuk menghindari pembengkakan biaya hingga akhir musim adalah melepaskan Dinwiddie, dan membiarkan slot dalam roster kosong. 

Dinwiddie memulai 48 pertandingan dengan Nets musim ini, dengan rata-rata mencetak 12,6 poin, 6 asis, dan 3,3 rebound per gim. Tetapi Raptors sekarang punya rekok 18-33 dan berada di posisi ke-12 di Timur dan tidak berencana untuk bersaing di turnamen play-in. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar