IBL

Milwaukee Bucks kembali membuat langkah yang mengejutkan. Mereka mendepak pelatih Adrian Griffin setelah memimpin 43 gim. Secara peringkat, Bucks tidak buruk-buruk amat dengan 30-13. Tapi tetap saja masih kalah dari Boston Celtics 34-10.

Setelah tidak menjadi pelatih Bucks lagi, Griffin buka suara. Melalui wawancara dengan Chris Haynes dari Bleacher Report, Griffin mengaku berterima kasih atas segala kesempatan yang diberikan oleh Bucks.

“Anda tidak bisa mengendalikan segalanya. Saya merasa senang dengan pekerjaan yang kami lakukan. Saya menghormati para staf pelatih atas segala kerja kerasnya,” ungkap Griffin.

Bucks menjadi tempat pertama Griffin menjadi kepala pelatih. Ia ditunjuk menggantikan Mike Budenholzer pada Juni 2023. Griffin masuk sebagai asisten pelatih Bucks pada 2008-2010. Setelah itu, ia menghabiskan 13 tahun menjadi asisten pelatih di Bulls, Magic, Thunder, dan Raptors.

Baca juga: Doc Rivers Calon Kuat Pengganti Adrian Griffin Setelah Dipecat Bucks

Griffin menjadi pelatih ke-17 Bucks. Ia dipecat pada tahun pertamanya. Griffin terdepak saat masih menjalani empat bulan dari kontrak empat tahun dengan Bucks yang mereka sepakati pada Juni lalu.

“Saya selalu ingin menjadi pelatih kepala di liga ini. Saya tidak bisa meminta roster yang lebih baik. Saya melatih Giannis (Antetokounmpo), Dame (Lillard), Khris (Middleton), Brook Lopez). Mimpi menjadi kenyataan. Mudah-mudahan ada kesempatan lagi. Saya bersyukur atas semua ini,” lanjutnya.

Memang bukan pertama kalinya Bucks mendepak pelatih. Bahkan Budenholzer yang membawa Bucks juara NBA 2021 pun dipecat di tahun kelimanya. Budenholzer gagal membawa Bucks melalui ronde pertama playoff 2023.

Baca juga: Asisten Pelatih Bucks Terry Stotts Mundur Usai Insiden dengan Adrian Griffin

Tim kepelatihan Bucks sempat terguncang pada awal musim. Sebelum musim ini bergulir, asisten pelatih Terry Stotts mengundurkan diri. Ia disebut memiliki perselisihan dengan Griffin saat sesi latihan pada 17 Oktober 2023.

Posisi Griffin untuk sementara akan digantikan oleh Joe Prunty sebagai pelatih interim. Prunty akan mengawal Bucks berlaga di Cleveland Cavaliers besok. Sementara Bucks dikabarkan akan menunjuk Doc Rivers sebagai pelatih baru. (rag)

Foto: John Fisher/Getty Images

Komentar