IBL

Malam pembukaan musim baru belum dimulai tapi Milwaukee Bucks sudah mengalami perpecahan. Asisten pelatih Terry Stotts mundur dari jabatannya pada Kamis (19/10). Perselisihan dengan pelatih kepala Adrian Griffin dikabarkan menjadi penyebab Stotts keluar di waktu yang tidak biasa ini.

Dilansir melalui The Athletic, ada insiden antara Stotts dan Griffin dalam sesi latihan sebelum gim pada Selasa (17/10) di Oklahoma. Menurut sumber yang menyaksikan kejadian itu, setelah menyelesaikan sesi latihan, Griffin ingin berkumpul dengan para pemain dan tim pelatih dalam sesi yang terpisah.

Tetapi Stotts tidak langsung berkumpul dengan pelatih seperti yang diinstruksikan Griffin. Ia berkumpul dengan para pemain untuk membicarakan tentang strategi pertandingan. Saat Stotts memulai berbicara dengan Giannis Antetokounmpo dan Damian Lillard, Griffin memanggil Stotts untuk segera bergabung dengan tim pelatih.

Stotts meminta waktu untuk meneruskan pembicaraannya dengan pemain. Tetapi Griffin habis kesabaran. Ia meneriaki Stotts agar segera bergabung dan hal itu disaksikan oleh seluruh tim.

Pertandingan pramusim di Paycom Center itu berakhir dengan kekalahan Bucks 101-124 dari Oklahoma City Thunder. Entah berkaitan dengan insiden Stotts-Griffin atau tidak, pada gim itu Bucks menurunkan barisan pemain utama mereka, yang sebelumnya mengalahkan Los Angeles Lakers.

Griffin menolak berbicara tentang pengunduran diri Stotts. “Anda harus bertanya pada Terry. Dia pelatih hebat. Saya sangat senang mengenalnya. Itu adalah keputusannya. Saya hanya berharap yang terbaik untuknya,” ujar Griffin.

Stotts memiliki pengalaman 31 tahun sebagai pelatih NBA dalam enam tim yang berbeda. Baik sebagai kepala pelatih atau asisten pelatih. Stotts tiga kali hilir mudik ke Milwaukee.

Ia pertama kali menjadi asisten pelatih Bucks pada 1998-2002. Kemudian sempat menjadi kepala pelatih pada 2005-2007. Stotts menghabiskan 9 tahun sebagai kepala pelatih Portland Trail Blazers (2012-2021) dan bersamaan dengan kehadiran Lillard. Setelah itu Stotts kembali ke Bucks lagi sebagai asisten pelatih hingga kemarin. (rag)

Foto: NBA

Komentar