IBL

Sebanyak 16 pemain dalam sejarah NBA yang dihormati dengan cara nomor jerseinya dipensiunkan, termasuk Shaquille O'Neal. Namun tidak banyak yang nomornya diistirahatkan oleh lebih dari satu tim. Kali ini, Shaq berhasil menyamai catatan Wilt Chamberlain dan Pete Maravich, sebagai pemain dengan nomor jersey yang diistirahatkan oleh lebih dari satu tim. Setelah tersiar kabar bahwa pada bulan Februari 2024, Orlando Magic berencana mengistirahatkan nomor 32. 

Sebelumnya, Los Angeles Lakers mengistirahatkan nomor jersei 34 milik Shaq. Kemudian disusul Miami Heat yang mengistirahatkan nomor 32. Lalu yang terakhir, Magic akan melakukan hal serupa. Mereka berencana melakukan upacara penghormatan untuk Shaq pada 13 Februari, waktu Amerika Serikat. 

Wilt Chamberlain memiliki nomor jersei 13 yang diistirahatkan oleh tiga tim berbeda, yaitu Golden State Warriors, Philadelphia 76ers, dan Los Angeles Lakers. Sedangkan Pete Maravich, nomor jerseinya diistirahatkan oleh Atlanta Hawks (44), Utah Jazz (7), dan New Orleans Pelicans (7). 

Sementara itu, ada satu pemain di NBA yang nomornya diistirahatkan oleh seluruh kontestan liga. Dia adalah Bill Russell. Pada bulan Juli 2022, NBA memutuskan bahwa tidak boleh ada pemain yang memakai nomor jersei 6 untuk menghormati juara NBA 11 kali tersebut. Sebelum liga memutuskan hal ini, nomor jersei Bill Russell sudah dipensiunkan oleh Celtics sejak 1972. 

Selain itu, ada fakta unik di mana ada nomor jersei yang dipensiunkan oleh tim, tanpa ada ikatan terhadap pemain tersebut. Pertama, nomor 23 milik Michael Jordan tidak boleh dipakai di Miami Heat. Ini merujuk dari keputusan presiden klub Pat Riley. Kedua, pemain Dallas Mavericks tidak lagi diizinkan memakai nomor 24. Keputusan ini diambil pada tahun 2020, oleh Mark Cuban, untuk menghormati mendiang Kobe Bryant. Padahal Kobe tidak pernah bermain untuk Mavericks, begitu juga dengan Jordan yang tidak pernah memakai seragam Miami Heat. (*)

Foto: TSN

Komentar