IBL

Shaquille O’Neal merupakan salah satu pemain yang dominan di NBA. Namun, ternyata ia sempat takut menghadapi Michael Jordan. Sebab, O’Neal tahu betul nama besar sang legenda.

O’Neal sendiri masuk ke NBA pada 1992. Orlando Magic memilihnya pada urutan pertama. Saat itu, Jordan masih bermain untuk Chicago Bulls. Mereka baru saja menjadi juara NBA untuk kedua kalinya.

“Saat pertama kali masuk NBA, saya takut Jordan. Sebagai seorang bocah, rasanya seperti menonton seorang Dewa,” kata O’Neal per ESPN.

Meski begitu, O’Neal pada akhirnya berhasil membangun kepercayaan diri. Ia berusaha untuk bisa bersaing dengan Jordan. Magic bahkan mampu mengalahkan Jordan dan Bulls pada Semifinal Wilayah Timur 1995.

Sayangnya, itu tidak terjadi berkali-kali. Pada pertemuan berikutnya, Jordan dan Bulls membalas dendam. Mereka mengalahkan Magic di Final Wilayah Timur 1996. Bulls menyapu bersih Magic 4-0, kemudian menjadi juara dengan mengalahkan Seattle Supersonic di Final NBA.

Sementara itu, O’Neal baru bisa naik ke podium tertinggi saat bergabung dengan Los Angeles Lakers. Mereka juara tiga kali beruntun pada 2000—2002. O’Neal kembali naik ke podium tertinggi saat membela Miami Heat pada 2006. Secara total, ia mengoleksi empat gelar juara—terpaut dua gelar dari Jordan.

Jordan sendiri pensiun tiga kali dari NBA. Kariernya baru benar-benar berakhir pada 2003. Jordan pensiun sebagai pemain Washington Wizards.

Kendati demikian, Jordan selamanya akan dikenang sebagai pemain Bulls. Namanya sudah sangat melekat dengan Chicago. Beberapa waktu lalu, ESPN mengeluarkan film dokumenter berseri dengan tajuk “The Last Dance”.

Film itu baru tayang dua episode pada Minggu, 19 April 2020. ESPN akan menayangkannya lagi setiap minggu. Mereka berusaha mengeluarkan setidaknya 2 dari total 10 episode per minggu. (GNP)

Foto: NBA

Komentar