IBL

Untuk pertama kalinya Orlando Magic memensiunkan jersei. Mereka mengabadikan jersei nomor 32 milik Shaquille O’Neal. Momen seremonial berlangsung di Kia Center, Orlando, Florida sebelum pertandingan melawan Oklahoma City Thunder.

Magic menjadi tim pertama Shaq di NBA. Shaq juga meraih serba pertama dengan Magic. Ia menjadi pilihan pertama NBA Draft 1992 oleh Magic. Shaq menjadi pemain Magic pertama yang masuk All-Star. Shaq mendapatkan gelar Rookie of the Year. Ia juga terpilih dalam All-NBA. Serta menjadi bintang Magic pertama yang meninggalkan waralaba tersebut.

Shaq berlabuh ke Los Angeles Lakers pada 1996. Selepas itu, ia meraih kejayaannya dengan Lakers hingga 2004. Termasuk mendapatkan tiga dari empat cincin juara, MVP 2000, dan tiga MVP Final 2000-2002.

Shaq tidak menyangka akan mendapat kehormatan dari Magic. Sebab, Lakers yang lebih dulu mengabadikan sosoknya. Baik melalui patung pada tahun 2016 dan menggantung jersei nomor 34. Disusul Miami Heat, tim kedua dimana Shaq mencapai gelar tahun 2006. Heat telah memensiunkan jersei nomor 32.

“Ada pepatah lama yang menyebutkan jangan pernah lupa dari mana Anda berasal. Saya memulai karier profesional di sini. Saya telah tinggal di sini hampir sepanjang hidup saya. Para penggemar dan orang-orang Orlando sangat ramah. Saya tidak menyangka hari ini akan terjadi,” kata Shaq dalam sambutannya.

Salah satu momen terbaik Shaq dengan Magic saat ia mencetak tripel-dobel langka dengan 24 poin, 28 rebound, dan 15 blok. Momen itu saat Magic melawan New Jersey Nets pada 20 November 1993. Itu merupakan rekor blok terbanyak dalam satu gim dan belum terpecahkan hingga sekarang.

Shaq menjadi pemain ketiga yang jerseinya dipensiunkan oleh tiga tim. Selain Shaq, juga ada Wilt Chamberlain dengan No. 13 di Warriors, Sixers, dan Lakers. Kemudian Pete Maravich No. 44 Hawks, No. 7 di Jazz dan Pelicans. (rag)

Foto: Julio Aguilar/Getty Images

Komentar