IBL

Christmas Game telah berlangsung selama 76 tahun. Salah satu inovasi yang dilakukan NBA adalah tim-tim yang berlaga pada 25 Desember mengenakan jersey edisi khusus atau disebut jersey Natal. LeBron James berharap liga kembali mengadakan jersey itu lagi.

LeBron mengomentari postingan NBA yang menampilkan aksinya melakukan chalk toss sebagai tradisi Christmas Game. LeBron akan tampil dalam Christmas Game ke-17 besok saat Lakers melawan Celtics di Crypto.com Arena.

“Ini luar biasa. Saya berharap kita tetapi bisa memiliki seragam di Hari Natal di liga. Saya bingung kenapa tradisi tersebut berhenti,” tutur LeBron melalui laman X (dulu Twitter).

Baca juga: Fakta-fakta Tentang NBA Christmas Game 2023

Apalagi pertandingan Christmas Game 2023 Celtics vs Lakers ini cukup spesial. Ini merupakan pertama kalinya kedua tim bertemu lagi di momen yang sama sejak 2008. Dimana tahun tersebut merupakan pertama kalinya NBA memperkenalkan jersey Natal.

NBA pernah menggunakan jersey Natal selama sembilan tahun dimulai pada musim 2008-2009. Jersey itu menampilkan logo NBA dan butiran salju (snowflakes) yang digunakan pada 2008-2011. Kemudian ada beberapa variasi jersey Natal mulai 2012 hingga berakhir pada 2017.

Dilansir melalui laman Sporting News, ada alasan kenapa NBA tidak menggunakan jersey Natal lagi. Pada musim 2017-2018, NBA menjalin kerja sama dengan Nike. Perusahaan tersebut mengambil alih kontrak seragam NBA dari Adidas. Tidak ingin berbayang-bayang inovasi Adidas, yang merupakan kompetitor, Nike tidak melanjutkan lagi tradisi jersey Natal.

Setelah itu, Nike melakukan perombakan dalam jersey tim NBA. Nike menawarkan beberapa jenis jersey untuk masing-masing tim dalam satu musim.

Dalam enam musim terakhir, seluruh tim NBA memiliki empat jersey yakni Association (putih), Icon (warna tim), Statement (alternatif), dan City (khas masing-masing wilayah). Selain itu, tim terpilih memiliki jersey Classic Edition yang merupakan seragam yang digunakan untuk memperingati peristiwa penting.

Pada Christmas Game 2023, tim tuan rumah menggunakan jersey Association dan tim tamu dengan jersey Icon. Kecuali pertandingan Heat vs Sixers. Heat menggunakan jersey Association dan Sixers dengan jersey Statement. (rag)

Foto: NBA

Komentar