IBL

Los Angeles Lakers memastikan diri ke semifinal In-Season Tournament 2023. Semifinal akan berlangsung di Las Vegas. Lakers berhadapan dengan New Orleans Pelicans. Tetapi dalam gim itu, NBA melarang Lakers menggunakan jersey “city edition” yang berwarna hitam.

“NBA melarang Lakers mengenakan jersey hitam mereka karena kekhawatiran kontras visual dengan desain lapangan di babak semifinal yang berlangsung di T-Mobile Arena, Las Vegas,” tulis sumber melalui ESPN.

Untuk itu, Lakers diminta memakai jersey ikoniknya yang berwarna emas-ungu. Sedangkan Pelicans sendiri akan menggunakan jersey mereka yang berwarna putih dalam gim besok.

Dalam In-Season Tournament ini, NBA memang melakukan beberapa hal baru. Salah satunya dengan desain lapangan yang berwarna-warni. Masing-masing tim memiliki desain lapangan di laga kandang.

Sedangkan untuk laga semifinal dan final sendiri dilangsungkan di Las Vegas. NBA telah merilis desain lapangan untuk laga semifinal pada Rabu (6/12) waktu setempat.

Dalam desain lapangan di semifinal itu memang ada unsur warna hitam di tengah lapangan. Tepatnya sebagai background tulisan In-Season Tournament dan gambar NBA Cup. Sedangkan lapangannya sendiri didominasi warna ungu dan merah.

Sejauh ini jersey hitam Lakers itu seperti membawa keberuntungan tersendiri. Lakers tak terkalahkan saat mengenakan jersey tersebut. Mereka unggul 3-0 masing-masing dengan menyisihkan Grizzlies, Jazz, dan mengalahkan Suns di perempat final.

Jersey itu juga populer. Para pemain dan penggemar Lakers menyukai jersey hitam Lakers tersebut. LeBron James dkk memang terlihat lebih garang dengan jersey “city edition” itu.

Lakers juga tercatat memiliki sejarah kesuksesan saat mengenakan jersey alternatif berwarna hitam. Lakers unggul memenangkan gim 5 Final NBA 2020 dan merebut gelar dari Miami Heat. Jersey “Black Mamba” itu untuk mengenang mendiang Kobe Bryant yang meninggal pada 26 Januari 2020.

Selain Lakers, pelarangan warna jersey juga pernah dialami oleh Milwaukee Bucks. Mereka dilarang mengenakan warna krem karena mengganggu tampilan visual televisi. Bucks memiliki jersey “cream city” pada musim 2019-2020. (rag)

Foto: Andrew D. Bernstein/NBAE via Getty Images

Komentar