IBL

Jepang mengalami perkembangan basket yang cukup signifikan. Timnas Jepang juga bisa unjuk gigi di turnamen internasional. Chairman of B.League Shinji Shimada mengakui bahwa kualitas liga yang baik juga bisa meningkatkan prestasi timnas negara tersebut.

“Dengan adanya B.League, sangat berkaitan erat dengan penguatan timnas Jepang. Karena kita sedang membahas sistem home away, itu memang bukan sebuah tujuan. Tapi sebuah cara untuk meningkatkan kualitas liga,” kata Shimada di dalam jumpa pers pada Selasa (5/12) di Hotel Atlet Century, Jakarta.

Sebagai salah satu gambaran adalah performa timnas Jepang di Piala Dunia FIBA 2023. Meski tidak lolos fase grup, mereka bisa lolos Olimpiade Paris 2024 dengan status tim terbaik Asia. Jepang mencatat 3-2 dan menempati posisi ke-19.

Tim berjuluk Akatsuki Five itu mengalahkan Finlandia, Venezuela, dan Tanjung Verde. Dua kekalahan dari Australia dan Jerman. Pemain-pemain B.League yang memperkuat timnas Jepang juga menunjukkan potensi yang menjanjikan selama di turnamen tersebut.

Shimada menjelaskan ada beberapa faktor yang membuat pemain-pemain B.League terpacu untuk bersaing. Adanya sistem home away membuat ekosistem liga menjadi lebih ideal dalam mengembangkan potensi pemain dan industri.

“Dengan sistem home away, maka setiap tim akan semakin bersemangat, antusias, dan akan banyak penggemar yang datang ke arena. Kalau mereka sudah datang, akan ada sponsor yang berminat. Dengan demikian bisnis akan berhasil,” jelas Shimada.

“Meraka akan tampil di bawah tekanan. Itu akan berpengaruh positif untuk pemain. Lalu ada pemain dari Amerika Serikat dan Eropa datang ke Jepang. Pemain bisa belajar banyak. Tentu apabila liga berjalan sukses, kemampuan pemain dan tim akan meningkat,” imbuhnya.

Selain itu, dengan kedatangan penggemar di arena, para pemain dari setiap tim juga merasa lebih “bertanggung jawab” untuk memberikan kemampuan terbaik. Nantinya berdampak pada kualitas individu tersebut.

“Sebagai pemain, kami jadi lebih profesional untuk menjaga badan lebih baik lagi karena jadwal lebih padat. Akhir pekan bermain dan hari berikutnya menyiapkan diri untuk pertandingan. Jadi bisa fokus sesuai rencana,” kata Abraham. (rag)

Foto: Ragil Putri Irmalia

Komentar