IBL

Brooklyn Nets unggul 115-110 di tiga menit terakhir waktu normal. Mereka mungkin merasa sudah bisa mengamankan kemenangan. Tetapi tiba-tiba, Luka Doncic mengeluarkan sihirnya. Dia mencetak empat tripoin dalam waktu tiga menit untuk membawa Dallas Mavericks menang 125-110, di laga kandang pertamanya musim ini. 

Doncic menyelesaikan laga dengan catatan 49 poin, ditambah 10 rebound, dan 7 asis. Dia memasukkan 16 tembakan dari 25 percobaan, termasuk 9 tripoin dari 14 percobaan, dan 8 kali tembakan gratis dari 10 kesempatan. Doncic tidak melakukan satu turnover pun sepanjang laga. Dalam dua pertandingan pertamanya di musim 2023-2024, Doncic sudah mencetak rata-rata 41,0 poin, 11,5 rebound, 8,0 asis per gim. Dengan akurasi tembakan 58 persen secara keseluruhan, dan 48 persen dari jarak tripoin. 

Pada laga melawan Nets, Doncic membuat lawan tersihir. Brad Botkin dari CBS Sports mengingatkan kepada tim-tim lain, bahwa jangan terkecoh dengan Doncic. Karena pemain Slovenia tersebut pada dasarnya punya gaya permainan seperti James Harden. Dia selalu melakukan protes kepada wasit, sebagai salah satu cara mengecoh lawan. Selain itu, jangan terkecoh dengan tangan terkuatnya. Doncic memang kidal, tapi dia juga melatih tangan kanan dengan baik. Salah satu contohnya di 26 detik tersisa, di mana Doncic melakukan tembakan akrobatik dengan tangan kanannya. 

Kepala pelatih Mavericks Jason Kidd menyatakan bahwa situasi seperti ini justru sangat berbahaya bagi lawan. "Sebenarnya saya ingin mengambil time-out, di tiga menit terakhir. Tapi saya melihat Doncic, dan merasa tidak perlu melakukannya. Alasannya, dia menyukai situasi seperti ini. Luka itu spesial. Dia akan semakin tertantang untuk melakukan hal-hal yang tidak mungkin," katanya. 

Sebaliknya, kepala pelatih Nets Jacque Vaughn mengakui bahwa Doncic-lah yang menjadi pembeda. "Apa yang membuat tim spesial di akhir laga adalah memiliki pemain yang bisa melakukan tembakan bagus. Seperti Claveland Cavaliers yang memiliki Donovan Mitchell. Dan, kali ini Doncic melakukan hal yang sama," ujar pelatih Vaughn. 

Selanjutnya, Mavericks akan bertandang ke Memphis untuk menghadapi Grizzlies pada pekan berikutnya. Sementara di hari yang sama, Nets juga akan bertamu ke Charlotte. Nets harus menjalani empat pertandingan tandang sebelum kembali bermain di hadapan pendukungnya sendiri. (*)

Foto: News Times

Komentar