IBL

James Harden tidak tampil dalam gim musim reguler perdana Philadelphia 76ers. Ia juga tidak mengikuti lawatan ke Milwaukee. NBA melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab ketidakhadiran Harden.

Apalagi NBA memiliki Player Participation Policy (PPP) yang berlaku mulai musim ini. Setiap tim wajib menampilkan pemain bintang dalam setiap gim. Jika pemain tersebut tidak bisa melantai, mereka harus tetap hadir dan bisa dilihat oleh penggemar.

Nah, Harden tidak ikut bertandang ke Fiserv Forum saat Sixers kalah 117-118 dari Bucks pada Kamis (26/10) lalu. Ia juga tidak termasuk dalam pemain yang dilaporkan cedera. Jika dinilai melanggar aturan, Sixers bisa dikenai denda AS$100 ribu.

“Kami sedang mempelajari fakta seputar ketidakhadiran James Harden malam ini untuk menentukan apakah ada alasan yang bisa diterima atau kurangnya partisipasi,” kata juru bicara NBA Mike Bass dalam keterangan resminya.

Sebelumnya Harden “kabur” dalam sesi latihan Sixers selama tiga hari. Menjelang gim pertama, Harden baru hadir. Tetapi Sixers memutuskan untuk meninggalkan Harden di Philadelphia. Mereka tidak membawa Harden ke Milwaukee dan Toronto. Sixers akan melawan Raptors pada lusa.

Pelatih Sixers Nick Nurse berdalih Harden harus memulihkan kondisinya setelah mangkir latihan. Harden dilaporkan menjalani “latihan pengganti” dengan tim afiliasi G League. Sixers kemungkinan akan memunculkan Harden saat laga kandang pertamanya pada 29 Oktober mendatang melawan Portland Trail Blazers.

Masalah Harden dan Sixers kini semakin runyam. Berawal dari permintaan Harden untuk dikirim ke tim lain. Tujuan pilihannya adalah Los Angeles Clippers. Namun, hingga kini proses negosiasi tidak menunjukkan titik terang.

Ini bukan pertama kalinya NBA turun tangan dengan drama Harden-Sixers. NBA juga menginvestigasi terkait ucapan “pembohong” Harden kepada Daryl Morey, Presiden Operasi Sixers. Hasilnya Harden kena denda AS$100 ribu. (rag)

Foto: Sports Illustrated

Komentar