IBL

Salah satu pemain terbaik dalam sejarah NBA, Tracy McGrady tidak mengerti mengapa James Harden ingin pergi dari Philadelphia 76ers. Setelah Harden mengetahui tentang rencana Sixers untuk tidak memberinya kontrak maksimal di akhir musim ini, dia memilih opsi pemainnya untuk musim depan dan meminta pertukaran. 

James Harden mengejutkan dunia NBA ketika dia menuntut perdagangan dari Philadelphia 76ers. Bukan hanya penggemar Sixers saja yang kaget, tapi juga legenda NBA seperti Tracy McGrady. Selama wawancara dengan Howard Beck dari GQ Sports, Hall of Famer NBA ini mengungkapkan bahwa dirinya tidak mengerti jalan pikiran Harden. 

"Itu tidak masuk akal bagi saya," kata McGrady kepada Beck . "Tidak hanya itu, tapi saya melihat semua rekan setim yang bermain dengannya. James mungkin bermain dengan lebih banyak Hall of Famers daripada siapa pun di liga, dan dia tidak memiliki cincin. Saya tidak tahu apa yang dia cari. Dan, mungkin ada beberapa omong kosong internal yang terjadi yang tidak kita ketahui. Karena tidak masuk akal bagi saya untuk meninggalkan MVP, dan tim bagus Wilayah Timur, di mana Anda memiliki kesempatan untuk setidaknya bermain untuk kejuaraan. Alasannya harus benar-benar masuk akal."

Foto: The Sixers Sense

Harden telah menghapus semua yang berhubungan dengan Sixers dari media sosialnya. MVP 2017-2018 tersebut justru ingin dikirim ke LA, agar bisa bermain bersama Kawhi Leonard, Paul George, dan Russell Westbrook. Pemain yang 10 kali menjadi All-Star meyakini bahwa dirinya layak diberi gaji yang besar dengan rata-rata mencetak 21,0 poin, 6,1 rebound, dan 10,7 asis per gim musim lalu. Akurasi tembakannya 44,1 persen, dengan 35,5 persen tripoin, dan 86,7 persen dari tembakan gratis. 

Ada anggapan kalau James Harden merasa sangat diremehkan oleh Philadelphia 76ers. Pasalnya dia sudah menerima pemotongan gaji musim lalu. Tetapi Sixers tidak memberikan perpanjangan kontrak yang diinginkan. Harden sangat kecewa dengan cara Sixers menangani masa depannya. Tetapi jalan Harden rupanya tidak mulus. 

Awalnya ada optimisme kuat di pihak Harden bahwa dia akan diperdagangkan ke Clippers. Sebab Leonard dan George setuju dengan masuknya Harden. Namun, manajemen Clippers dan Sixers tidak membuat kemajuan dalam transaksi Harden.

Lebih jauh, T-Mac juga sempat mengatakan wajar jika Sixers tidak mau melepas Harden begitu saja. Hal ini terkait dengan skema permainan Sixers yang dirasa cocok ketika ada Harden dalam tim inti. Bahkan T-Mac menyebut kalau tanpa Harden, tidak mungkin Joel Embiid jadi MVP.

"Saya pikir dia mendukung kemampuan Joel (Embiid) dengan sangat, sangat, sangat baik. Tidak mungkin mereka akan melepas Harden. Dia terlalu bagus sebagai playmaker, dan dia pemain pelengkap yang terlalu bagus untuk Joel Embiid," jelasnya. "Dia adalah alasan kuat mengapa Joel Embiid memenangkan gelar MVP. Joel hebat, tetapi jika Anda melihat betapa mudahnya James Harden membuat situasi untuknya dalam menjalankan pick and roll, serta membuat Embiid mencetak poin dengan mudah."

Sementara itu, Harden dilaporkan melakukan segala daya untuk pergi ke LA Clippers. Harden, yang akan berusia 34 tahun pada 26 Agustus 2023, memilih opsi pemain senilai 35,6 juta dolar Amerika untuk musim 2023-2024 dengan harapan bisa diperdagangkan ke tim lain. (*)

Foto: CBS Sports

Komentar