IBL

Philadelphia 76ers belum memberikan keputusan untuk menukar James Harden ke LA Clippers. Tetapi kesepakatan ini semakin dekat ke garis finis. Karena Sixers kabarnya memb tawaran terakhir untuk Sixers. Kalau tidak sepakat, maka Harden tidak akan pergi ke mana-mana. 

Shams Charania dari The Athletic, Sixers telah memberikan penawaran terakhirnya. Mereka bersedia melepaskan James Harden ke Clippers, dengan imbalan Terance Mann dan beberapa draft pick putaran pertama. Masih menurut Charania, Clippers melakukan komunikasi dengan tim lain untuk melakukan pick swap sebagai tambahan modal untuk ditawarkan ke Sixers. 

Tetapi dikutip dari Sports Illustrated, justru Clippers belum sepenuhnya setuju untuk melepas Terance Mann. Sebab jika Clippers tidak keberatan, maka kesepakatan Sixers sudah lama tercapai. Mann bukan pemain terbaik yang dimiliki Clippers, dan dianggap kurang sepadan kalau ditukar dengan Harden. Tetapi pihak Sixers sendiri yang memintanya. Meski ada embel-embel untuk menambah beberapa draft pick putaran pertama.

Sementara itu, ada pandangan lain terkait skema pertukaran ini. Kepala pelatih baru Houston Rockets, Ime Udoka, berpendapat bahwa Sixers tidak pantas meminta harga tinggi untuk Harden. Karena dia tidak sebaik dulu. Itulah alasan mengapa Udoka menyarankan kepada manajemen Rockets untuk tidak ikut mengejar Harden. 

"Tidak ada yang meragukan Harden," kata Udoka kepada Zach Lowe dari ESPN. "Saya melatih James Harden di Brooklyn Nets. Dia salah satu pemain terpintar yang pernah saya temui. Tetapi untuk saat ini, kami (Rockets) tidak membutuhkannya. Kami membutuhkan pemain yang membagi bola. Dan, sebaiknya tim-tim yang mendatangkan James, harus memperhatikan kebugarannya."

Pernyataan Udoka mengacu pada penampilan Harden sekarang tidak seperti dulu. Apalagi soal konsistensi. Lihat saja ketika Harden mencetak 45 poin saat melawan Boston Celtics di playoff NBA 2023. Saat itu Sixers tidak diperkuat Joel Embiid. Semua penggemar Sixers gembira dengan hasil tersebut. Namun setelahnya, Harden tidak bisa berbuat banyak. Udoka juga menyinggung soal cedera yang sekarang lebih sering mengganggu Harden, seperti yang dia alami saat masih bersama di Nets. 

Permintaan pertukaran James Harden telah menempatkan Sixers dalam posisi yang tidak nyaman memasuki musim 2023-2024. Tapi itu tidak akan menyebabkan tim melakukan tindakan yang tergesa-gesa. Menurut Gina Mizell dari Philadelphia Inquirer, ada keyakinan dalam organisasi Sixers bahwa hanya menukar Harden untuk mengakhiri potensi drama, akan terlalu sembrono untuk dibenarkan. Karena mereka masih membutuhkan Harden untuk bersaing memperebutkan gelar juara musim ini. (*)

Foto: Associated Press

Komentar