IBL

James Harden sudah tiba di Los Angeles, setelah terjadi kesepakatan antara Philadelphia 76er dengan Clippers, dua hari sebelumnya. Kedatangannya disambut hangat Russell Westbrook, yang juga memberikan senyum lebar ketika bersalaman dengan PJ Tucker. Setelah permintaan perdagangannya diluluskan, Harden tidak berencana mengakhiri perang dingin dengan Daryl Morey. 

Dikutip dari laporan Ramona Shelbourne, selama beberapa bulan terakhir komunikasi Harden dan manajemen Sixers dilakukan melalui agennya, Michael Silverman. Harden sendiri tidak ingin berbicara dengan Morey lagi. Hal tersebut sudah ia katakan sejak 13 Oktober 2023. Ini merupakan buntut dari pernyataan Harden di Cina, yang mengatakan bahwa Daryl Morey sebagai pembohong. Dari pernyataan tersebut Harden mendapatkan denda dari NBA sebesar 100 ribu dolar Amerika. 

Perang dingin antara Harden dan Morey berawal dari kesepakatan soal perpanjangan kontrak. Sixers awalnya menawarkan kontrak maksimal, yang belakangan diketahu bahwa itu merupakan perpanjangan dua tahun dengan opsi tim di tahun kedua. Karena menganggap nilainya kecil, maka Harden memilih mengambil opsi pemain senilai 35,6 juta dolar Amerika, dengan harapan dirinya akan ditukar ke tim lain. Karena beban gaji Sixers yang terlalu tinggi. Ternyata Daryl Morey justru berniat memainkan Harden di musim terakhirnya, dan tak mengindahkan kesepakatan di awal. Padahal Harden sudah memintanya untuk dikirim ke Clippers. 

Masalah ini memang sudah selesai secara administrasi. Karena Harden sudah resmi pindah ke Clippers, dan Sixers sudah mendapatkan gantinya. Tetapi soal hubungan pribadi antara Harden dan Morey sudah retak. Harden pernah mengatakan kalau hubungan tersebut tidak bisa diperbaiki lagi. 

Baca juga: Transaksi Sukses! James Harden Pindah ke Clippers

Meski sudah tiba di LA, Harden tidak bisa langsung bermain. Menurut Shams Charania dari The Athletic, Harden kemungkinan akan diturunkan pada laga tandang Clippers melawan New York Knicks, di Madison Square Garden pekan depan. Sementara PJ Tucker sudah masuk roster Clippers melawan Los Angeles Lakers, pada hari Rabu (1/11) waktu Amerika Serikat. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar