IBL

Dengan pindahnya James Harden ke LA Clippers, maka NBA menghentikan penyelidikan terhadap Philadelphia 76ers, terkait dugaan pelanggaran aturan "load management". Dikutip dari laporan Chris Haynes dari Bleacher Report, bahwa Sixers tidak akan mendapatkan hukuman dari kasus ini. 

Harden mangkir 10 hari dari tim Sixers selama kamp pelatihan, tetapi dia kembali dan mencoba bergabung dengan mereka selama dua pertandingan tandang untuk memulai musim. Namun, Harden dilaporkan dilarang menaiki pesawat tim oleh pihak keamanan. Kemudian dia duduk di bangku cadangan mereka untuk pertandingan pembuka kandang mereka pada Minggu malam (29/10), dan seharusnya berlatih bersama mereka pada hari Selasa. Namun sekarang, dia akan pindah ke Clippers dan bersiap untuk memulai musimnya di sana.

NBA membuka penyelidikan atas ketidakhadiran Harden di tim Sixers selama dua pertandingan. NBA ingin tahu ada alasan yang disetujui atas kurangnya partisipasinya. Liga memiliki kebijakan partisipasi pemain baru musim ini, yang dibuat dalam upaya untuk mempertahankan pemain terbaik di lapangan, terutama ketika menyangkut pertandingan yang disiarkan televisi secara nasional. 

Seperti yang dicatat Bobby Marks dari ESPN minggu lalu ketika penyelidikan dimulai, cedera, alasan pribadi, dan keadaan yang jarang atau tidak biasa dianggap sebagai alasan yang sah bagi para pemain bintang untuk absen dalam pertandingan TV nasional. Harden tidak cedera pada saat itu. Harden telah absen dari tim karena alasan pribadi selama 10 hari menjelang kontes tersebut, dan mungkin tidak cedera, serta berada dalam kondisi siap main. 

Investigasi tersebut merupakan uji coba pertama terhadap kebijakan baru, yang disetujui oleh dewan gubernur pada bulan September 2022. Kebijakan baru ini dirancang untuk mengurangi "load management", di mana tim menempatkan pemain bintang untuk memberi mereka istirahat dan mencegah cedera. Harden dianggap sebagai "pemain bintang" berdasarkan kebijakan tersebut, sehingga dia tetap harus berada di tim dan harus ada alasan yang jelas saat absen. 

Tidak jelas apakah NBA memang  tidak menemukan kesalahan apa pun, atau apakah liga menghentikan penyelidikannya begitu saja karena Harden sudah bergerak sesuai keinginannya selama ini. Bagaimanapun, Harden akan memulai musim barunya dengan Clippers. (*)

Foto: Eurosport

Komentar