IBL

Presiden Operasi Bola Basket Philadelphia 76ers, Daryl Morey, sepertinya sengaja membiarkan opini buruk terhadap manajemen, terkait perpindahan James Harden. Morey tidak pernah muncul di media selama proses negosiasi dengan beberapa klub. Sampai akhirnya dia bersedia membuka fakta di balik lamanya proses perpindahan James Harden dari Sixers. 

Satu-satunya alasan yang menyebabkan Sixers lama dalam menentukan pilihan adalah kompensasi. Morey dan manajemen mencoba untuk mencari kesepakatan yang seimbang, ketika mereka harus melepaskan James Harden. Bukan hanya soal uang saja, melainkan tentang memberikan keseimbangan dalam tim. 

Morey mengatakan bahwa LA Clippers bukan hanya satu-satunya tim yang diajak bicara. Mereka mengincar kesepakatan yang sama seperti Damian Lillard, yang melibatkan banyak tim yaitu Boston Celtics, Milwaukee Bucks, dan Phoenix Suns. Sehingga bisa memiliki banyak opsi pemain. Apalagi Morey juga mengincar Jrue Holiday. Sehingga skenario melibatkan Boston Celtics dalam skema pertukaran pemain memang paling masuk akal.

"Kami menetapkan batasan pada bulan Juni, ketika James meminta pertukaran tersebut. Memiliki seorang pemain seperti Jrue (Holiday), serta bisa mendapatkan paket perdagangan dengan dua tim lain, itulah yang kami cari. Sehingga wajar kalau proses ini berjalan lama," kata Daryl Morey. 

Ternyata, Morey juga sudah siap dengan risiko yang akan dihadapi. Terutama dengan adanya penyelidikan NBA tentang ketidakhadiran Harden di lapangan. Karena dia sudah merasa bahwa Harden akan menolak bermain, ketika kesepakatan yang dia minta tidak terjadi. Tetapi Morey sudah berbicara dengan kepala pelatih Nick Nurse, untuk menghadapi situasi ini. 

"Pelatih Nurse telah banyak membantu saya dalam situasi ini. Membuat kami tidak khawatir dengan tim ini, meski nantinya akan ada penolakan dari Harden. Begitu juga ketika ada kesepakatan, pelatih juga sudah menyiapkan strategi khusus agar pemain-pemain baru cepat beradaptasi. Kami (manajemen) merasa sangat nyaman dengan adanya Nick Nurse," imbuh Morey. 

Sebenarnya, Morey jelas memenangkan perdagangan ini. Dengan mengulur waktu, dia bisa mendapatkan lebih banyak dari apa yang dilepaskan ke Clippers. Meski harus kehilangan PJ Tucker, dan pemain debutan Filip Pretrusev. Tetapi Sixers kini punya aset yang besar di masa depan, dengan banyaknya tiket draft yang disertakan dalam kesepakatan tersebut. Selebihnya, Morey berharap Harden bisa bermain dengan baik di Clippers. 

"Dia pemain hebat, dia akan melakukan hal-hal hebat untuk Clippers. Tapi tentu saja, ada banyak yang akan diingat oleh publik ketika dia (James Harden) dilantik sebagai Hall of Fame NBA. Terutama dengan kekacauan yang dibuatnya selama menjadi pemain profesional," tutup Daryl Morey. (*)

Foto: Philadelphia Inquirer

Komentar