IBL

Julius Randle menjadi duta Skechers di NBA. Pemain New York Knicks, tersebut memilih meninggalkan Nike, dan beralih ke "anak baru" di pasar sepatu basket. Alasan Randle cukup mengejutkan, bahwa dia memilih Skechers karena pernah cedera. Justru cedera inilah yang membuatnya yakin bahwa Skechers akan lebih serius dalam pengembangan produk. 

Randle mengalami cedera pergelangan kaki kiri pada bulan Maret 2023. Cedera ini semakin parah ketika dia bermain di playoff. Akhirnya Randle memutuskan untuk menjalani operasi arthroscopic selama jeda kompetisi. Dan, kini Randle belum pulih sepenuhnya. 

"Saya masih dalam tahap rehabilitasi. Ini masih proses," kata Randle usai latihan Knicks di Tarrytown. "Saya tidak akan berbohong dan mengatakan bahwa saya sudah kembali ke kondisi 100 persen atau apa pun itu, namun saya merasa cukup baik, cukup percaya diri, dan saya terus menjadi lebih kuat."

Namun anehnya, justru Randle menerima pinangan dari Skechers. Sebuah produsen sepatu yang baru mendirikan divisi bola basket. Dia justru percaya pada produk baru, dan bersedia menjadi dutanya, bersama bintang Philadelphia 76ers, Joel Embiid. Seminggu setelah pengumuman tersebut, Randle akhinya buka suara. 

Tidak ada seorang pun atlet terkenal sebelum Embiid dan Randle, pernah memainkan permainan bola basket profesional memakai sepatu Skechers. Randle juga mengakui bahwa Skechers tidak menarik bagi orang-orang seusianya, apalagi dengan latar belakangnya sebagai pemain NBA. Namun dia tahu bahwa Skechers merupakan sepatu yang terkenal dengan kenyamanannya. 

Randle dan Embiid adalah dua dari empat pemain NBA yang rata-rata mencetak 25 poin, 10 rebound, dan 4 asis di musim 2022-2023. Dua pemain lainnya adalah Giannis Antetokounmpo dan Nikola Jokic. Namun kini Embiid dan Randle mempercayakan kaki mereka kepada merek yang tidak pernah dikaitkan dengan olahraga sama sekali. Mereka percaya bahwa Skechers bisa melindungi kaki mereka dari tekanan ekstrim dalam permainan bola basket. 

"Ketika saya pertama kali mencoba sepatu ini musim panas ini dan mencobanya serta berlatih dengan sepatu tersebut, terutama saat saya baru saja pulih dari cedera, saya tidak ingin mengambil risiko mengganti sepatu dan kembali melukai diri saya sendiri dan hal-hal seperti itu," kata Randle. "Tetapi begitu saya memakainya, saya merasa ini adalah sepatu basket ternyaman yang pernah saya pakai."

Randle punya alasan kuat kenapa dirinya mau memakai Skechers. Menurutnya, sebagai perusahaan yang memulai divisi baru, Skechers akan lebih berhati-hati dalam pengembangan produk. Perusahaan tersebut harus bisa menjaga dutanya dari ancaman cedera. Apalagi dengan riwayat cedera yang dimiliki Randle dan Embiid, bisa dipakai Skechers untuk riset, sekaligus membuat produk yang lebih baik. Terutama bagi mereka yang rentan cedera. (*)

Foto: Instagram Julius Randle

Komentar