IBL

Beberapa waktu lalu, Terance Mann dikabarkan sedang mencoba sepatu basket dari merek Skechers. Awalnya banyak yang mengira bahwa Mann akan menjadi pemain NBA pertama yang didukung Skechers. Ternyata, merek tersebut memilih bintang Philadelphia 76ers Joel Embiid sebagai duta pertamanya. 

Embiid akan menguji sepatu basket Skechers pada hari Rabu (18/10) waktu Amerika Serikat. Kemudian ketika nilai kontraknya disepakati, maka Embiid akan memakai sepatu tersebut pada pertandingan resmi NBA 2023-2024, yang akan dimulai pada 24 Oktober nanti. Tak hanya Embiid, menurut The Athletic, pemain New York Knicks Julius Randle, dan garda LA Clippers Tarance Mann diperkirakan bakal mendapatkan tawaran kontrak dari Skechers. 

Baca juga: Terance Mann Bisa Buka Pintu Skechers ke NBA

Pada bulan September 2018, Joel Embiid diumumkan sebagai duta Under Armour. Saat membubuhkan tanda tangan pada kontrak tersebut, Embiid terlihat memakai sepatu HOVR Havoc. Under Armour berhasil menggaet Embiid agar melepaskan diri dari adidas. Under Armour memberikan kontrak lima tahun yang memungkinkan Embiid bisa mendapatkan lebih dari satu juta dolar Amerika per tahun. Kemudian pada tahun 2020, Embiid mendapatkan sepatu khas bernama UA Embiid One. 

Tetapi kontrak dengan merek tersebut tidak diperpanjang, lantaran ada rumor kalau penjualan UA Embiid One tidak sesuai ekspektasi. Sehingga saat Joel Embiid meminta nilai kontraknya naik, maka Under Armour tidak bersedia. Karena tidak terjadi kesepakatan, maka kontrak kedua belah pihak berakhir pada bulan September 2023. 

Skechers bukanlah merek yang selama ini ikut bertarung di pasar bola basket. Tetapi mereka berani membuat divisi bola basket, dengan pergerakan yang lebih cepat dari Reebok. Seperti yang kita tahu, bahwa Reebok juga membangun kembali divisi bola basket melalui penunjukan Shaquille O'Neal dan Allen Iverson, sebagai presiden dan wakil presiden divisi tersebut. Namun justru pemain pertama yang dikontrak adalah Angel Reese. Pemain bola basket wanita dari LSU Tiger, yang merupakan prospek WNBA musim depan. Reebok justru kalah cepat dibanding Skechers di NBA. 

Menurut Front Office Sports, Skechers dikenal dengan desainnya yang kalem, namun dikenal nyaman oleh konsumen. Tetapi merek yang berbasis di California tersebut membuat terobosan di olahraga profesional. Pada bulan Agustus 2023, Skechers mengumumkan telah menandatangani kontrak seumur hidup dengan bintang sepak bola Inggris, Harry Kane. Selanjutnya, Skechers juga berkerja sama dengan juara golf Matt Fitzpatrick. Sampai akhirnya, mereka terjun di pasar bola basket dengan mengambil pemain-pemain bintang. (*)

Foto: Philadelphia Inquirer

Komentar