IBL

James Harden mulai mengacau. Ia sudah tidak hadir latihan selama dua kali. Harden absen dalam sesi latihan Philadelphia 76ers sejak Rabu (18/10) lalu. Harden sendiri juga belum mengikuti tiga laga pramusim Sixers. Mereka hanya menyisakan satu gim pramusim melawan Atlanta Hawks besok WIB.

Sixers secara resmi mengatakan bahwa Harden absen karena ada masalah pribadi. Tetapi mereka tidak menyebut secara rinci tentang hal tersebut. Tetapi diperkirakan masih seputar drama transaksi ke Los Angeles Clippers tak kunjung membuahkan hasil.

“Saya pikir manajemen telah memperjelas apa yang terjadi. Mereka bekerja keras untuk meraih target hari demi hari. Kami melakukan latihan yang sangat bagus hari ini. Sangat penuh energi. Itulah fokus kami di sini,” kata pelatih Sixers Nick Nurse di New Jersey kepada ESPN.

Sebelumnya Nurse berencana menurunkan Harden di gim pramusim terakhir. Mereka akan menjamu Hawks di Wells Fargo Center, Philadelphia. Tetapi dengan ketidakhadiran Harden selama dua hari beruntun, besar kemungkinan ia juga tidak berpartisipasi di pramusim.

Pekan lalu Harden melakukan “serangan” kepada Sixers. MVP NBA 2018 itu mengatakan bahwa hubungannya dengan presiden bola basket Sixers Daryl Morey telah retak dan tidak bisa diperbaiki. Menjadi pelengkap setelah Harden menyebut Morey pembohong dalam sebuah acara di Cina pada Agustus lalu.

Sementara itu, proses pembicaraan Sixers-Clippers juga tidak mulus. Sixers bersedia menukar Harden jika Clippers juga memberikan pemain bintang atau kombinasi pemain yang dapat ditukar dengan pemain bintang.

Sixers sebenarnya memiliki potensi untuk melejit di Wilayah Timur. Tetapi dengan adanya masalah internal dengan Harden ini, mereka seperti kehilangan separuh kekuatan. Dengan atau tanpa Harden, Sixers pun akan membuka musim dengan melawan Milwaukee Bucks pada 16 Oktober 2023 di Fiserv Forum. (rag)

Foto: NBA

Komentar