IBL

NBA dan Denver Nuggets sama-sama mengunggah berita duka pada hari Rabu (11/10) waktu Indonesia. Brendan Malone, mantan kepala pelatih NBA, sekaligus ayah dari kepala pelatih Nuggets meninggal di usia 81 tahun. Brendan Malone melatih di NBA selama hampir 30 tahun, terakhir sebagai asisten di Detroit Pistons pada tahun 2016. 

"Dengan kesedihan yang luar biasa kami turut berduka atas meninggalnya pelatih lama NBA Brendan Malone, yang memegang tempat khusus di antara organisasi dan akan menjadi Denver Nugget selamanya,” tulis Denver Nuggets di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Sementara, Nuggets mengunggah berita bahwa Michael Malone tidak akan hadir pada pertandingan pramusim Denver melawan Phoenix Suns hari ini, dan digantikan asisten pelatih David Adelman. Pertandingan ini dimenangkan oleh Nuggets dengan skor 115-107. 

Brandone Malone menerima National Basketball Coaches Association’s Lifetime Impact Award 2023. Upacara penobatannya dilakukan di Las Vegas. "Saya ingin berterima kasih kepada National Basketball Coaches Association atas penghargaan ini," kata Brendan Malone saat menerima penghargaan. "Tex Winter adalah pria yang saya kenal dan hormati. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pelatih yang senang bekerja bersama saya selama 29 tahun karir saya di NBA, khususnya Hubie Brown yang membawa saya ke liga, Chuck Daly dan dua gelar juara kami, keluarga Van Gundy, Stan dan Jeff, dan Don Chaney. Terakhir, saya ingin berterima kasih kepada istri saya Maureen dan keenam anak kami karena telah berbagi perjalanan saya."

Malone memulai karier kepelatihannya pada tahun 1967 di Power Memorial Academy di New York City dan menjabat sebagai asisten pelatih di Fordham, Yale dan Syracuse pada tahun 1970-an sebelum menjadi pelatih Rhode Island pada tahun 1984. Pada tahun 1986, ia direkrut oleh New York saat itu. Knicks melatih Hubie Brown untuk bekerja sebagai asisten, yang mengawali karier NBA-nya.

Setelah dua musim bersama Knicks, dia menjadi asisten Hall of Famer Chuck Daly bersama Pistons dari 1988-1995. Selama rentang waktu itu, Pistons mencapai tiga Final NBA dan memenangkan dua gelar NBA. Dia menjabat sebagai pelatih pertama dalam sejarah Raptors pada 1995-1996, dengan rekor 21-61 dalam satu musimnya di sana.

Dia kembali ke Knicks sebagai asisten pelatih dari tahun 1996-2000, mencapai Final NBA di musim terakhirnya di sana. Setelah itu, ia menjadi asisten pelatih Pacers (2000-2003), Knicks (2003-04), Cavs (2004-2005), dan menjadi pelatih sementara selama 18 pertandingan, mencatatkan rekor 8-10) dan Magic (2007- 2012) sebelum dua musim lagi di Pistons (2014-2015). Dalam 27 musim kepelatihan NBA, tim yang dilatih Malone melaju ke babak playoff dua puluh kali, ke Final Konferensi tujuh kali, dan ke Final NBA empat kali, memenangkan gelar dua kali. Timnya mengumpulkan rekor 1.165-1.001 (0,538). 

Michael Malone dan Brendan Malona. Foto: Denver Nuggets Facebook

"Organisasi Toronto Raptors berduka atas meninggalnya Brendan Malone, yang menjabat sebagai pelatih kepala kami selama musim perdana tim pada 1995-96, memenangkan tempat khusus dalam sejarah dan hati kami. Kontribusinya terhadap permainan ini akan selamanya dikenang, dan kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga, teman, dan koleganya," tulis akun resmi Toroto Raptors. (*)

Foto: nba.com

Komentar