IBL

Jika kita melihat susunan tim pelatih Denver Nuggets, maka akan menemukan fakta menarik. Michael Malone sebagai kepala pelatih didampingi dua asisten pelatih, yaitu Ryan Saunders dan David Adelman. Ternyata ketiganya merupakan putra pelatih NBA di masa lalu. Sehingga mereka juga mendapatkan saran dari ayahnya. Ibaratnya, Nuggets punya enam pelatih, sehingga tidak pernah kehabisan strategi.

Michael Malone adalah putra Brendan Malone, seorang pelatih yang menangani NBA selama 30 tahun. Brendan Malone juga dikenal sebagai kepala pelatih pertama tim Toronto Raptors. Sementara Ryan, merupakan putra Flip Sanders, pelatih yang menghabiskan dua dekade di NBA, bersama Minnesota Timberwolves, Detroit Pistons, dan Washington Wizards. Terakhir David Adelman adalah putra Rick Adelman yang hampir 40 tahun bekerja sebagai pelatih basket. Dia bekerja 25 tahun di NBA untuk melatih Portland Trail Blazers, Golden State Warriors, Sacramento Kings, dan Minnesota Timberwolves. 

Duet ayah dan anak sebagai pelatih dan asisten di NBA sudah biasa. Sebut saja Bill dan Eric Musselman, Bernie dan JB Bickerstaff, atau Paul dan Stephen Silas. Tetapi tiga putra pelatih NBA ada dalam satu tim, merupakan hal baru dan tidak biasa di liga. 

"Saya sangat beruntung bisa bekerja dengan orang-orang yang tumbuh di ruang ganti. Bagi saya, Ryan dan David adalah orang-orang yang sangat mencintai bola basket. Contohnya David, dia makan, minum, tidur di lapangan basket. Ryan juga sangat bagus dalam menangani ruang ganti. Jelas ini menjadi keuntungan bagi saya," kata Malone. 

Para putra pelatih ini mewarisi pemikiran ayahnya. Dari ketiga pelatih tersebut, hanya Ryan Saunders yang tidak bisa lagi meminta nasihat kepada ayahnya. Flip Saunders meninggal pada tahun 2015. Namun Ryan selalu mengingat apa yang dilakukan ayahnya dalam melatih sebuah tim. "Apakah ayahku akan menyukai atau tidak?, tapi ini telah menjadi jalanku. Saya seperti terlahir di dalamnya, sangat dekat dengan lapangan basket, dan satu hal yang penting, saya besar di lapangan. Jad saya tahu apa dan bagaimana seharusnya saya bekerja sekarang," ungkap Ryan. 

Dikutip dari USA Today, Rick Adelman pada awal bulan Juni 2023 mendapatkan Chuck Daly Lifetime Achievement. Dia mengatakan dunia kepelatihan NBA sekarang lebih kejam. Oleh karena itu, dia selalu mendampingi David, dalam hal apa pun. Termasuk memberi saran tentang kepelatihan kalau anaknya meminta. 

"Tidak ada pekerjaan pelatih yang solid di NBA sekarang. Beberapa dari mereka dipecat, padahal punya reputasi bagus. Saya hanya berusaha memberikan bekal yang cukup, menurunkan keahlian saya, serta memberikan sarana kepada dia (David Adelman) untuk bisa melakukan pekerjaan dengan baik," ungkap Rick, tentang putranya. 

Malone, Saunders, dan Adelman kini tinggal selangkah lagi untuk mengantarkan Denver Nuggets memenangkan gelar juara NBA. Nuggets memimpin 3-1 atas Miami Heat, dan Gim 5 Final NBA 2023, akan dimainkan pada hari Selasa (13/6) waktu Indonesia. (*)

Foto: Sky Sports

Komentar