IBL

Perjalanan timnas putri Indonesia di Asian Games 2023 belum berakhir. Indonesia memastikan diri lolos ke perempat final. Mereka memetik kemenangan atas Mongolia 69-64 pada Minggu (1/10) di Shaoxing Olympic Sports Centre Gymnasium. Ini juga menjadi kemenangan pertama Indonesia di Asian Games 2023.

Indonesia lolos ke perempat final Asian Games 2023 dengan status peringkat ketiga terbaik kedua. Indonesia tepat berada pada posisi ke delapan. Mereka memiliki selisih poin (-64) lebih sedikit daripada Hongkong (-94). Sedangkan Taiwan berada di posisi ketujuh dengan selisih -38. Ketiga tim tersebut sama-sama mengoleksi 4 poin dengan rekor 1-2.

Dalam pertandingan melawan Mongolia itu, Indonesia nyaris tertinggal sepanjang laga. Indonesia mengambil momentumnya pada tiga menit terakhir. Indonesia mengambil alih kedudukan (59-58) melalui tripoin Clarita Antonio. Pada kuarter keempat Indonesia melaju 24-16.

“Kami bermain dengan tekanan terlalu berat ke diri kami sendiri. Hanya beberapa pemain, kurang dari lima pemain yang memang siap main untuk menang dari awal. Sisanya bermain dengan beban. Kami bisa bermain lepas di empat menit terakhir,” kata Penanggung Jawab Timnas Putri Indonesia Christopher Tanuwidjaja dalam keterangan resminya.

Kimberley Pierre-Louis menjadi tulang punggung Indonesia dalam gim ini. Kimberly dobel-dobel dengan 44 poin dan 14 rebound plus 4 steal. Tampil selama hampir 39 menit, Kimberley melepas 14/27 tembakan dan memanfaatkan 16/21 tembakan gratis. Jesslyn Angelique Aritonang menyusul dengan 11 poin.

Sementara itu Khulan Onolbaatar memimpin Mongolia dengan 22 poin, 6 rebound, dan 3 asis. Dari enam tembakan yang tepat sasaran, Khulan mencetak 4 tripoin ditambah 6/10 tembakan gratis. Bolor-Erdene Battsooj memberikan 14 poin dan 8 rebound.

Perjalanan Indonesia berikutnya tidak akan mudah. Mereka bertemu Jepang pada lusa. Jepang menyapu bersih tiga laga grup. Sama halnya dengan Cina dan Korea Selatan. Jepang menjadi unggulan pertama dengan selisih poin +171 dari Cina (+162) dan Korea Selatan (+81).

Foto: Yoga Prakasita

Komentar