IBL

Timnas putri Indonesia menelan kekalahan kedua di Asian Games 2023. Lawannya adalah Cina. Mereka merupakan tim nomor satu di Asia, nomor dua di dunia, dan finalis FIBA Women’s World Cup 2022. Indonesia pun takluk dengan skor akhir 101-51.

Dalam pertandingan di Hangzhou Olympic Sports Centre pada Jumat (29/9) itu, Cina mendominasi sejak awal. Cina memiliki akurasi 46 persen dari 39/84 tembakan. Mereka hanya meleset dua dari 14 tembakan gratis.

Cina merebut 22 offensive rebound yang berbuah 15 poin. Sebaliknya Indonesia melakukan 27 turnover dan membuat Cina menambah 28 poin. Secara keseluruhan Indonesia memasukkan 20 tembakan tepat sasaran dari 52 kesempatan.

Sebanyak lima pemain Cina mencetak dua digit poin. Li Yuero menjadi yang tertinggi dengan 22 poin, 9 rebound, dan 3 steal. Li Meng menyusul dengan 18 poin. Pemain Washington Mystics itu melepas enam tembakan tepat sasaran dengan 4 tripoin plus 2 tembakan gratis.

Pemain New York Liberty Han Xu dominan di bawah ring dengan 13 poin selama 15 menit. Skor yang sama juga dicetak oleh Huang Sijing. Ia meraih dobel-dobel dengan tambahan 11 rebound dan 3 steal. Dari bang cadangan Luo Xinyu memberikan 11 poin.

Kimberley Pierre-Louis sendiri menjadi pengumpul poin terbanyak bagi Indonesia. Kimberley mencetak 22 poin, 9 rebound, 3 asis, dan 3 steal. Tampil selama hampir 33 menit, Kimberly melepas 8/20 tembakan dan mendapat 5/7 tembakan gratis. Setelah itu poin terbanyak kedua Indonesia disumbangkan oleh Agustin Gradita Retong dengan 7 poin.

Indonesia menyisakan satu laga terakhir penyisihan grup. Mereka akan melawan Mongolia pada lusa. Saat ini Indonesia berada di posisi dasar klasemen Grup A. Indonesia masih kalah selisih poin dengan Mongolia, yang sama-sama menelan dua kekalahan.

Delapan tim terbaik akan melaju ke perempat final. Dari klasemen keseluruhan, Indonesia berada di posisi kesebelas. Sedangkan tim yang telah memastikan diri ke perempat final adalah Jepang, Filipina, Korea Selatan, dan Cina. (rag)

Foto: Yoga Prakasita 

Komentar