IBL

Timnas Prancis tampaknya tidak ingin mendapat harapan palsu. Les Bleus (julukan timnas Prancis) memberi peringatan kepada Joel Embiid untuk membuat keputusan. Waktunya dua minggu. Pada 10 Oktober mendatang Embiid harus menentukan pilihannya: Prancis atau Amerika Serikat.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Presiden Bola Basket Prancis Jean-Pierre Siutat dalam siaran radio Stephen Time Show. Siutat ingin segera mendengar keputusan Embiid tentang timnas mana yang akan ia bela dalam Olimpiade Paris 2024 nanti.

“Keputusan itu akan terjadi sangat cepat dalam kasus ini. Kami berharap demikian dan saya pikir dia (Embiid) mengetahuinya. Kami mungkin sudah mendapat jawabannya pada 10 Oktober. Kami telah menetapkan batas waktu,” ujar Siutat.

Embiid saat ini memiliki tiga kewarganegaraan. MVP NBA 2022-2023 itu berasal dari Kamerun. Kemudian Embiid menjadi warga negara Prancis pada Juli 2023 melalui proses naturalisasi. Pada September 2023 Embiid juga menjadi warga negara AS.

Siutat membuat keputusan itu agar semua rumor bisa selesai. Beberapa waktu lalu USA Basketball mengklaim bahwa Embiid akan bersedia bergabung dengan timnas AS. Disisi lain Siutat berharap Embiid bisa memperkuat Prancis.

Apalagi setelah hasil memalukan Prancis di Piala Dunia FIBA 2023. Rudy Gobert dkk tidak lolos fase grup. Padahal mereka datang dengan status finalis Olimpiade Tokyo 2020. Ditambah lagi Olimpiade mendatang akan dilaksanakan di kandang mereka sendiri di Paris.

“Kami tidak pernah mengkomunikasikan apapun secara resmi tentang Joel Embiid. Ada desas-desu tercipta dari mana-mana. Saya ulangi, saya ingin dia bergabung. Namun, saat ini dia masih belum bersama kami.  Kami sedang berupaya dan memiliki keinginan kuat untuk melakukannya,” kata Siutat.

Embiid memang belum debut di turnamen internasional. Ia sempat masuk roster timnas Kamerun di FIBA AfroBasket 2017 tapi tidak jadi bermain karena musim NBA masih berjalan pada bulan Maret.

“Kami memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengannya dan kami sedang menunggu keputusan. Timnas AS sangat tertarik untuk memiliki Embiid. Kamerun lolos pra-Olimpiade. Ini adalah situasi yang sulit baginya,” imbuh Siutat. (rag)

Foto: NBA

Komentar