IBL

Senter Philadelphia 76ers, Joel Embiid, dua kali menjadi kandidat pemain terbaik NBA. Dia masuk dalam lima kali edisi NBA All-Star. Musim ini Embiid juga menjadi pencetak poin terbanyak. Tetapi pemain berusia 28 tahun itu belum pernah mencatat debut internasionalnya.

Dari laporan RMC Sport, mereka menyebutkan bahwa Embiid sedang mempertimbangkan untuk menjadi warga negara Prancis, agar dapat bermain di Olimpiade Paris 2024 mendatang. Embiid lahir di Yaounde dan berstatus sebagai warga negara Kamerun.

“Joel Embiid telah memulai prosedur administrasi untuk memperoleh kewarganegaraan Prancis dan dapat bermain dengan Timnas Prancis,” tulis RMC Sport. “Menurut informasi dari sumber kami, Embiid akan tinggal di Prancis pada akhir Juni untuk menyelesaikan dokumen.”

Pada 2017 lalu, Embiid sebenarnya masuk dalam roster Timnas Kamerun di FIBA AfroBasket. Babak kualifikasi berlangsung Maret dan bersamaan dengan musim reguler NBA. Embiid akhirnya tidak jadi berseragam Timnas Kamerun.

The Philadelphia Inquirer menulis, “Ini bukan pertama kalinya Embiid, penduduk asli Kamerun yang memiliki keluarga di Prancis, mempertimbangkan bermain untuk Prancis. Dia tidak pernah bermain untuk Kamerun, meskipun negara (itu) telah mencoba mendapatkannya.”

Dalam regulasinya, FIBA mengizinkan satu pemain naturalisasi. Saat ini Timnas Prancis tidak memiliki satupun pemain naturalisasi. Ini memperbesar peluang Embiid untuk bergabung dengan Rudy Gobert, Nicolas Batum, dan Evan Fournier, yang merupakan finalis Olimpiade Tokyo 2020.

Bakat Embiid ditemukan oleh pemain NBA kelahiran Yaounde, Luc Mbah a Moute, yang pernah membela Sixers dan Los Angeles Clippers. Moute kemudian menjadi mentor Embiid dan ia pindah ke Amerika Serikat saat berusia 16 tahun.

Embiid kemudian masuk Montverde Academy, yang juga almamater dari Moute. Karena memiliki sedikit menit bermain, satu tahun kemudian Embiid pindah ke The Rock School. Lalu Embiid masuk University of Kansas. Hanya butuh satu tahun baginya untuk ikut ke NBA Draft. Embiid menjadi pilihan ketiga pada NBA Draft 2014.

Selain status kewarganegaraan, saat ini yang menjadi sorotan adalah kondisi Embiid. Dia telah absen di gim pertama semifinal wilayah Timur melawan Miami Heat. Embiid diprediksi bisa kembali di gim ketiga.

Pelatih Sixers Doc Rivers menyebutkan bahwa kondisi Embiid semakin membaik tetapi dia tidak ingin memberikan harapan palsu tentang kapan Embiid bisa kembali lagi. Embiid mengalami cedera patah tulang orbital kanan di wajahnya dan gegar otak ringan saat gim keenam melawan Toronto Raptors. (rag)

Foto: Sky Sports

Komentar