IBL

Mungkin generasi sekarang tidak mengenal nama Peter John Carlesimo. Karena dia terakhir muncul di hadapan media sebagai kepala pelatih tim NBA pada tahun 2008. Dia adalah pelatih terakhir Seattle SuperSonics, sekaligus pelatih pertama Oklahoma City Thunder. Baru-baru ini P.J. Carlesimo berbicara di sela-sela kesibukannya sebagai analis ESPN, tentang harapan bangkitnya basket Seattle hingga prediksi juara NBA tahun depan. 

Carlesimo jatuh cinta dengan kota Seattle saat dirinya menjabat sebagai pelatih SuperSonics, yang akhirnya pindah ke Oklahoma di musim yang sama (2007-2008). Sehingga sampai sekarang dia tetap tinggal di kota tersebut, serta menekuni profesi analis untuk ESPN, setelah tidak aktif di NBA lagi. Sejatinya, Carlesimo tidak serta merta meninggalkan NBA pada tahun 2008. Karena dia sempat mengemban tugas sebagai asisten pelatih Toronto Raptors (2010-2011), New Jersey atau Brooklyn Nets musim 2011-2012, dan malah terakhir menjadi pelatih interim di Nets pada musim 2012-2013.

Foto: San Francisco Chronicle

Dalam sebuah wawancara, Carlesimo menceritakan kisah unik. Setiap dia berjalan-jalan di distrik Queen Anne, Seattle, semua orang yang mengenalnya selalu menanyakan hal yang sama. Pertanyaan tersebut adalah kemungkinan kembalinya Sonics di kota tersebut. Dalam dua tahun terakhir, pertanyaan ini semakin sering diajukan padanya. Sebab, kabarnya NBA sedang menjajaki ekspansi, dan Seattle berada di urutan teratas dalam daftar tuan rumah tim baru NBA. 

"Jujur, saya tidak punya informasi apa-apa tentang hal tersebut. Tapi saya sangat percaya diri, bahwa kota ini akan punya tim NBA lagi," kata Carlesimo. "NBA lebih baik melakukan ekspansi, daripada memindahkan tim. Pada dasarnya kota ini sudah siap. Kami juga memiliki Climate Pledge Arena yang siap digunakan sebagai kandang tim."

Menurut Carlesimo, di tahun-tahun pertama setelah SuperSonics pindah dari Seattle, orang-orang merindukan timnya. Tetapi setelah bertahun-tahun, kerinduan ini berubah. Beberapa orang yang dia temui mengatakan kalau, mereka merindukan suasana pertandingan bola basket profesional di Seattle. Jadi Carlesimo menyimpulkan bahwa tim apa pun yang nantinya akan bermarkas di kota ini, tentu akan mendapat dukungan besar dari publik tuan rumah. 

Selain berbicara soal harapan publik Seattle, sebagai analis, Carlesimo paham betul situasi yang ada di NBA sekarang. Menurutnya ada 10 tim yang memiliki peluang memenangkan gelar juara NBA musim depan. Tetapi yang terkuat adalah Denver Nuggets. "Menurut saya Nuggets masih jadi favorit juara. Tapi saya akan memilih Golden State Warriors di tempat kedua. Hal ini berdasarkan pada roster yang dimiliki oleh Warriors. Sementara, jika Nuggets mampu mempertahankan performa mereka di playoff seperti tahun lalu, bisa jadi mereka akan mempertahankan gelar juaranya," ujar pria berusia 74 tahun tersebut. 

Carlesimo menyebut Los Angeles Lakers, Boston Celtics, Golden State Warriors, LA Clippers, Milwaukee Bucks, Miami Heat, Phoenix Suns, Memphis Grizzlies, dan bahkan Sacramento Kings dan Cleveland Cavaliers memiliki peluang yang sama untuk bisa mencapai Final NBA. Syaratnya adalah pemain dalam rosternya tetap utuh hingga musim berakhir. Dalam arti, tidak ada cedera parah yang mereduksi kekuatan mereka. 

Foto: ESPN

Secara khusus, Carlesimo mengatakan bahwa Celtics bakal jadi tim yang kuat musim depan. Hal ini tergantung pada peran Kristaps Porzingis yang baru diakuisisi, yang diharapkan bisa mendukung performa Jayson Tatum dan Jaylen Brown. Belum lagi soal Derrick White, yang didapuk menggantikan Marcus Smart. "Langkah yang berani dari Brad Stevens, karena Celtics sudah terlalu lama berada di ambang pintu juara, namun tidak berhasil melewatinya. Memindahkan Marcus Smart adalah keputusan yang menyakitkan, karena dia ibarat jantung dan jiwa Celtics. Jadi Porzingis harus bisa jadi jawaban Celtics. Dia tidak harus menjadi pemain terbaik di liga, tapi dia harus benar-benar istimewa bagi Celtics," ungkapnya. 

Pandangan berbeda diungkapkan Carlesimo soal persaingan liga musim depan. Kalau banyak pengamat menilai Wilayah Barat bakal sengit, justru Carlesimo menilai Wilayah Timur akan panas di musim 2023-2024. Karena Wilayah Barat akan dikuasai Nuggets, jika Nikola Jokic dan Jamal Murray tetap sehat. Sehingga dominasi Nuggets membuat Wilayah Barat tidak akan menarik bagi penonton. Maka harus ada tim yang membuat Nuggets tidak nyaman. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar