IBL

NBA 2017-2018 sudah mendekati pertengahan musim. Masih segar di ingatan bagaimana beberapa pemain harus merelakan menit bermain mereka dikarenakan cedera. Gordon Hayward dan Jeremy Lin adalah dua korban pertama di laga pembuka Oktober 2017 lalu. Cedera yang dialami Hayward terlihat cukup parah kala itu. Tertangkap jelas di kamera bahwa posisi ankle kaki kanan Hayward tidak berada pada posisi seharusnya. Sementara itu, Lin terlihat mendingan, tapi ternyata cukup parah juga. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Lin menderita cedera tendon lutut kanan dan kemungkinan tidak akan bermain di sisa musim ini.

Dengan segala kabar buruk yang terjadi di awal musim. Masih ada kabar baik yang terselip di NBA. Beberapa pemain yang mengalami cedera musim lalu telah kembali bermain dan lainnya diperkirakan menyusul. Tony Parker dan Kawhi Leonard adalah dua pemain yang telah kembali berlaga bersama San Antonio Spurs. Keduanya sama-sama menderita cedera di betis mereka akhir musim lalu. Leonard bahkan absen di laga playoff musim lalu kala berhadapan dengan Golden State Warriors.

Selain duo Spurs, ada dua pemain yang diprediksi akan segera merumput dalam waktu dekat. Kabar gembira untuk semua pendukung Cleveland Cavaliers, point guard baru yang belum pernah turun semenit pun bersama timnya akan segera berlaga dalam waktu dekat. Yap, Isaiah Thomas diprediksi akan kembali berlaga di minggu pertama Januari 2018 mendatang.

IT, sapaan akrab Isaiah Thomas, sendiri sudah sering tampak di latihan sebelum laga Cavaliers. Bersama dengan Phil Handy, asisten pelatih Cavaliers, yang pernah menjadi pelatih tamu bagi CLS Knights Indonesia, IT secara kontinyu melakukan latihan satu lawan satu. Kembali sedikit, IT dipaksa absen di final wilayah musim lalu setelah menderita cedera pangkal paha. Kemudian hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa IT juga punya masalah pada panggulnya selama ini.  

Selain IT, ada satu nama lagi yang telah absen cukup lama dan diprediksi akan kembali dalam waktu dekat, yakni Jabari Parker. Forward Milwaukee Bucks yang dipilih pada urutan kedua NBA Draft 2014 ini telah absen bermain sejak 8 Februari 2017 lalu.  Padahal musim lalu ia bisa dibilang sedang menapaki masa terbaik dalam karirnya. Setidaknya Parker mencatatkan rata-rata 20,1 poin, 6,2 rebound, dan 2,8 asis sebelum cedera. Cedera lutut (ACL) kedua yang ia terima membuatnya hanya bermain dalam 152 laga di tiga tahun karirnya di NBA.

 

Dalam prosesnya, Parker diprediksi akan kembali pada Februari 2018. Ia diharapkan mampu kembali ke performa terbaiknya tepat saat NBA memasuki fase playoff. Tambahan Parker sendiri di skuat Bucks akan membuat tim tersebut menjadi sangat lengkap. Bersama dengan Eric Bledsoe, Keith Middleton dan Giannis Antetokounmpo, Bucks harusnya bisa berbicara lebih banyak di NBA.

Cedera sendiri tidak bisa dipungkiri adalah bagian dari olahraga. Dampak yang dihadirkan pun beragam. Ada yang bisa kembali sehat dan bermain seperti semula yang dicontohkan oleh Kyrie Irving. Ada pula yang hancur lebur termakan trauma layaknya Derrick Rose dan Gilbert Arenas. Namun, semoga tidak ada lagi yang mengalami kemungkinan  kedua.

Foto: Slam Online

NBA

Komentar