IBL

Piala Dunia FIBA 2023 di Filipina, Jepang, dan Indonesia akan dimulai 25 Agustus mendatang. Persaingan tim nasional dari 32 negara akan segera dimulai. Namun ada yang baru di edisi kali ini. FIBA menyiapkan satu penghargaan individu baru yang bernama Wanda Rising Star Award. 

Penghargaan baru ini diluncurkan oleh Mitra Global FIBA, Wanda Group. Sasarannya adalah memberi penghargaan kepada pemain muda yang paling menjanjikan dan berpengaruh di turnamen tersebut. Kriteria untuk Wanda Rising Star Award adalah kandidat harus berusia 21 tahun atau lebih muda (lahir tahun 2002 atau setelahnya) dan memainkan minimal empat gim dalam kompetisi. 

Kandidat akan dipilih berdasarkan penampilan individu dan dampak pada tim masing-masing. Daftar calon terpilih akan diumumkan pada 4 September 2023, sebelum dimulainya playoffs, dengan seleksi akhir dilakukan dengan kombinasi pemungutan suara media dan panel FIBA. Pemenang Wanda Rising Star Award akan diberi penghargaan dalam upacara khusus di Manila.

"Kami bangga dapat memainkan peran kami dalam memberikan Wanda Rising Star Award ini dan terutama dengan begitu banyak antisipasi dan perhatian seputar apa yang dijanjikan sebagai Piala Dunia FIBA terbesar dalam sejarah," kata Dr. Chenggen Hu, General Manager of Wanda Sports Group.

Frank Leenders, Direktur Jenderal Layanan Media dan Pemasaran FIBA, menambahkan,"Kami senang dapat memperkenalkan penghargaan baru ini dengan Mitra Global FIBA yang berharga seperti Wanda karena ini menunjukkan bagaimana fokus bersama kami dalam mempromosikan bola basket secara global, termasuk mendukung generasi penerus yang penting." 

Penghargaan ini akan menjadi sesuatu yang semakin mengangkat profil Piala Dunia FIBA 2023. Karena baru pertama kali dibuat, maka penggemar basket tentunya penasaran, siapa yang akan mendapatkan gelar ini untuk pertama kalinya. (*)

Foto: nikos rogkavopoulos - fiba.basketball

Komentar