IBL

Setidaknya itulah inti dari konferensi pers pemain timnas Serbia Marco Guduric, setelah timnya menang 95-86 atas Kanada, pada semifinal Piala Dunia FIBA, Jumat (8/9) di Manila, Filipina. Kini Serbia punya kesempatan untuk memenangkan salah satu medali bergengsi di kompetisi bola basket internasional. 

"Tidak masalah siapa yang tidak ada di sini," kata Marko Guduric, pemain Serbia yang kini bernaung di bawah bendera Fenerbache. "Ini tentang tim kami. Siapa pun yang ada di sini, siapa pun yang mengenakan seragam Serbia ini, kami tidak pernah menyerah. Kami berjuang sampai akhir. Kami bangga dengan negara kami, dan kami mewakili keluarga, serta masyarakat Serbia."

Semua penggemar basket tahu kalau, Nikola Jokic adalah pemain terbaik yang pernah ada di Serbia. Dua kali MVP NBA dan MVP Final tersebut memilih tidak bermain di Piala Dunia FIBA 2023, setelah membawa Denver Nuggets juara NBA. Dia memilih untuk beristirahat, dan mungkin akan kembali tampil bersama timnas Serbia di Olimpiade 2024. 

"Saya tidak tahu (apakah) ini saat yang tepat untuk membicarakan Jokic, tapi saya hanya bisa mengatakan satu (hal). Jokic akan selalu menjadi bagian dari tim karena dia adalah pemain terbaik dunia saat ini. Orang hebat. Dan, sekarang menurutku ini bukan waktunya untuk berbicara terlalu banyak tentang dia. Sekarang saatnya berbicara tentang pemain yang ada di sini," kata kepala pelatih Serbia Svetislav Pesic. 

Pelatih Pesic ingin menegaskan bahwa tidak ada Nikola Jokic, tidak masalah. Bahkan dengan pemain terbaiknya absen musim panas ini, Serbia akan bersaing memperebutkan medali emas di Piala Dunia FIBA 2023. Serbia melaju ke final Piala Dunia untuk kedua kalinya dalam tiga turnamen terakhir. Sebelumnya, mereka kalah dari Amerika Serikat di final tahun 2014. 

Serbia terus maju, meski kehilangan pemain cadangan Borisa Simanic. Pemain tersebut harus menjalani operasi pengangkatan ginjal, setelah terkena sikut di bagian perut, dalam pertandingan melawan Sudan Selatan. Serbia belum pernah memenangkan kejuaraan dunia (FIBA World Cup) atau medali emas Olimpiade di bola basket putra. Serbia telah kalah dua kali dari Amerika Serikat dalam pertandingan final Piala Dunia FIBA 2014 dan Olimpiade 2016. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar