IBL

Nikola Jokic membuktikan diri sebagai salah satu pemain terbaik NBA dengan meraih dua MVP beruntun dua tahun terakhir. Pemain Denver Nuggets itu juga memiliki peluang meraih MVP ketiganya musim ini. Selain itu prestasi pribadi, Jokic ingin memberikan yang terbaik untuk negaranya, Serbia.

“Jika saya ada di sana (FIBA World Cup 2023), saya akan melakukan yang terbaik untuk meraih medali. Musim panas lalu, saya bermain dengan kondisi yang bagus. Saya berlatih sepanjang musim panas,” kata Jokic dilansir melalui situs resmi FIBA World Cup.

Saat ini Serbia memang belum resmi lolos ke FIBA World Cup 2023. Dari hasil kualifikasi, Serbia menempati posisi runner up Grup I putaran kedua. Serbia membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan diri lolos ke putaran final FIBA World Cup 2023. Pada windows ketiga yang berlangsung pada 27 Februari mendatang, Serbia akan melawan Britania Raya.

“Saya lebih siap setelah hasil dari EuroBasket. Kami memiliki ikatan yang hebat dalam sebuah tim. Bahkan ketika kami kalah melawan Italia, saya menikmati bermain dengan rekan-rekan saya, senang berbagi loker kamar dengan mereka,” kata pemain berusia 27 tahun itu.

“Saya pikir tim kami (Serbia) di EuroBasket adalah yang terbaik. Jelas, hasil yang kami dapat mengatakan tidak demikian. Tapi ini perasaan pribadi saya,” lanjut Jokic.

Pada EuroBasket 2022 lalu, Serbia lolos sebagai juara Grup D dan tidak terkalahkan dalam lima gim. Sayangnya pada babak 16 besar, Serbia harus mengakui keunggulan Italia 86-94. Selain Jokic, starting line Serbia saat itu adalah Vladimir Lucic, Nikola Kalinic, Vanja Marinkovic, dan Vesilije Micic.

Dalam perhelatan FIBA World Cup, prestasi terbaik Serbia adalah finalis edisi 2014. Pada laga final itu mereka kalah dari Spanyol. Mereka pernah dua kali beruntun menjuarai FIBA World Cup 1998 dan 2002 saat masih bernama Yugoslavia. Sejak diadakan pada 1950 silam, Yugoslavia lima kali menjadi juara.

Jokic memulai karier internasional saat membela Serbia U19 dan menjadi runner up Kejuaraan Dunia U-19 2013. Jokic masuk timnas senior saat Olimpiade Rio 2016 dan meraih perak. Pada FIBA World Cup 2019, Serbia terhenti di perempat final setelah kalah dari Argentina. (rag)

Foto: FIBA

Komentar