IBL

Doc Rivers akhirnya menemukan tempat berlabuh. Ia tidak lagi menjabat sebagai pelatih kepala pada musim mendatang. Rivers kembali ke profesi lamanya dan mengikuti jejak mantan Manajer Umum Golden State Warriors Bob Myers dengan bergabung ke jaringan televisi ESPN.

Pada Senin (14/8) waktu setempat ESPN resmi mengumumkan jajaran baru kru penyiaran mereka. Rivers akan menjadi kru ABC bersama Doris Burke dan Mike Breen. Dalam pembagian tugasnya, Rivers dan Burke menjadi analis pertandingan dan Breen sebagai komentator play-by-play.

Baca juga: Usai Mundur Sebagai Manajer Umum Warriors, Ini Profesi Baru Bob Myers

Rivers, Burke, dan Breen juga akan bertugas dalam final NBA 2024, babak playoff termasuk final Wilayah Timur, satu pertandingan Christmas Game, dan jadwal prime time pada hari Sabtu.

Rivers dan Burke menggantikan posisi Jeff Van Gundy dan Mark Jackson yang diberhentikan beberapa bulan lalu. Sebelumnya trio Gundy, Jackson, dan Breen telah memandu acara selama 15 tahun.

Rivers sendiri kehilangan posisinya sebagai pelatih kepala Philadelphia 76ers pada Mei lalu. Ia dipecat setelah gagal membawa Sixers mengarungi playoff. Rivers menahkodai Sixers selama tiga musim.

Analis NBA memang bukan hal baru bagi Rivers. Ia sempat menjalani profesi tersebut. Pada 2004 silam atau setelah didepak sebagai pelatih Orlando Magic (1999-2003), Rivers bekerja sebagai komentator di ABC selama satu tahun.

Setelah itu Rivers direkrut oleh Boston Celtics dan menghabiskan hampir satu dekade sebagai pelatih kepala. Ia mengantar Celtics juara musim 2008-2008. Rivers lalu menjadi pelatih Los Angeles Clippers pada periode 2013-2020.

Dari laporan Andrew Marchand dari The New York Post menyebutkan ESPN memang telah mengincar Rivers untuk posisi tersebut. Di sisi lain River memang belum mendapat tim yang mau meminangnya. (rag)

Foto: NBA, ABC

Komentar