IBL

Puncak acara Naismith Basketball Hall of Fame akan berlangsung pada 12 Agustus 2023, waktu Amerika Serikat. Upacara penobatan untuk Class of 2023 kali ini istimewa, yaitu bertempat di Symphony Hall, Springfield, Massachusetts, yang merupakan "Tempat Kelahiran Olahraga Bola Basket". 

Untuk tahun ini, ada beberapa nama yang istimewa. Sebut saja Dirk Nowitzky, Dwyane Wade, Gregg Popovich, Pau Gasol, dan Tony Parker. Sementara itu, nba.com juga merilis nama-nama orang yang akan mempersembahkan gelar tersebut kepad Hall of Famers. Ada nama Allen Iverson yang akan mempersembahkan gelar untuk Dwyane Wade, kemudian Jason Kidd dan Steve Nash yang akan menyambut Dirk Nowitzky. Bahkan ada Tony Kukoc, yang didapuk untuk memberikan penghargaan kepada Pau Gasol.

Berikut daftarnya: 
1. 1976 Women’s Olympic Basketball Team dipersembahkan oleh Ann Meyers dan Nancy Lieberman 
2. Becky Hammon dipersembahkan oleh Sheryl Swoopes dan Teresa Weatherspoon 
3. David Hixon dipersembahkan oleh Jim Calhoun dan John Calipari 
4. Dirk Nowitzki dipersembahkan oleh Jason Kidd dan Steve Nash
5. Dwyane Wade dipersembahkan oleh Allen Iverson 
6. Gary Blairdipersembahkan oleh Teresa Weatherspoon dan Van Chancellor 
7. Gene Bess dipersembahkan oleh Chris Bosh, John Calipari, dan Roy Williams 
8. Gene Keady dipersembahkan oleh Jerry Colangelo dan Tom Izzo 
9. Gregg Popovich dipersembahkan oleh David Robinson, Manu Ginobili, Tim Duncan, dan Tony Parker 
10. Jim Valvano dipersembahkan oleh John Calipari 
11. Pau Gasol dipersembahkan oleh Toni Kukoc
12. Tony Parker dipersembahkan oleh Manu Ginobili dan Tim Duncan

Seperti yang sudah banyak ditulis, bahwa permainan bola basket ditemukan oleh instruktur Springfield College dan mahasiswa pascasarjana James Naismith pada tahun 1891. Kisah tentang bagaimana Naismith menemukan permainan tersebut setelah dia menerima tantangan Luther Gulick (saat itu menjabar pengawas pendidikan jasmani Perguruan Tinggi), untuk menghasilkan aktivitas dalam ruangan baru yang dapat dimainkan oleh mahasiswa selama musim dingin. 

Namun, apa yang tidak sering diceritakan adalah bahwa dia (James Naismith), menciptakan permainan bola basket menggunakan filosofi Springfield College Humanics. Tujuannya untuk mendidik siswa dalam jiwa, pikiran, dan tubuh untuk kepemimpinan dalam melayani orang lain. Dia kemudian akan mengingat bahwa komitmennya pada filosofi Springfield College dalam melayani orang lain yang mengilhami dia untuk membuat permainan hebat ini. (*)

Foto: Patch.com

Komentar