IBL

Acara puncak Naismith Memorial Basketball Hall of Fame akan berlangsung pada 12 Agustus di Symphony Hall, Springfield, Massachusetts. Lokasi tersebut juga disebut sebagai Birthplace of Basketball atau tempat kelahiran bola basket. Acara itu juga akan menjadi reuni kecil San Antonio Spurs.

Tony Parker, Pau Gasol, Becky Hammon dan Gregg Popovich akan dinobatkan dalam Hall of Fame. Dalam pelantikan tersebut, Manu Ginobili, Tim Duncan, dan David Robinson didapuk sebagai pembawa acara.

Spurs bergabung dengan NBA sejak 1976. Sejak saat itu sudah ada 11 pemain yang menjadi anggota Hall of Fame. Mereka adalah George Gervin (1996), Moses Malone (2001), Dominique Wilkins (2006), David Robinson (2009), Artis Gilmore (2011), Dennis Rodman (2011), Louie Dampier (2015), Tracy McGrady (2017), Maurice Cheeks (2018), Tim Duncan (2020), dan Manu Ginobili (2022).

Baca juga: Daftar Pemain dan Pelatih yang Akan Masuk Hall of Fame 2023

Dengan tambahan empat pemain dan pelatih pada kelas 2023 ini, Spurs akan memiliki 15 anggota Hall of Fame. Anggota Spurs memang mendominasi Hall of Fame tahun ini. Dari 12 nama yang dilantik, ada empat anggota Spurs yang masuk daftar.

Duncan, Robinson, Ginobili, dan Parker merupakan pemain identik dengan Popovich. Mereka membawa Spurs dalam era kejayaan hingga Popovich diakui sebagai salah satu pelatih terbaik NBA.

Popovich telah memenangkan lima cincin juara. Beberapa hari lalu Popovich menandatangani kontrak lima tahun dengan Spurs. Pelatih berusia 74 tahun itu memutuskan menunda pensiun demi melatih bakat emas Victor Wembanyama.

Selain ketiga nama di atas, Hall of Fame tahun ini juga melantik Dirk Nowitzki, Dwyane Wade, hingga Pau Gasol. Dari jajaran pelatih ada nama David Hixon, Gary Blair, Gene Bess, Gene Keady, dan Jim Valvano. Kemudian timnas basket putri AS di Olimpiade Toronto 1976 juga masuk dalam Class of 2023.

“Sebanyak 45 anggota Hall of Fame diharapkan hadir dalam upacara tersebut, termasuk semua pembawa acara,” tulis keterangan resmi NBA. (rag)

Foto: NBA

Komentar