IBL

Naismith Memorial Basketball Hall of Fame akan menambah anggota baru tahun ini. Dari laporan ESPN pada Selasa (28/3) waktu setempat menyebutkan Dwyane Wade, Dirk Nowitzki, Pau Gasol, Tony Parker, pelatih Gregg Popovich, dan Becky Hammon termasuk yang terpilih dalam angkatan 2023. Pengumuman resmi akan diadakan pada Sabtu (1/4) mendatang saat final four NCAA di Houston, Texas.

Daftar nama-nama tersebut tidak mengejutkan. Mereka termasuk dalam kandidat yang dipilih oleh North American and Women’s Screening Committees pada Februari lalu. Daftar finalis diumumkan setelah mendapat persetujuan dari Honors Committee.

Naismith Memorial Basketball Hall of Fame sendiri merupakan museum sejarah basket Amerika yang terletak di Springfield, Massachusetts. Tempat ini menjadi pusat literasi basket terlengkap untuk mempromosikan dan melestarikan sejarah basket. Para anggotanya merupakan pemain dan pelatih yang memiliki capaian dan rekor mentereng selama kariernya atau memiliki kontribusi besar dalam dunia bola basket.

Wade terpilih sebagai finalis angkatan 2023. Ia memenangkan tiga cincin juara bersama Miami Heat dan menjadi MVP Final NBA 2006, 13 kali All-Star, emas Olimpiade Beijing 2008 untuk timnas Amerika Serikat. Wade juga disebut sebagai shooting guard terbaik sepanjang masa dalam 16 musimnya di NBA. Ia pensiun pada 2019 lalu.

Pada tahun yang sama Nowitzki juga gantung sepatu. Pemain asal Jerman itu merasakan empat gelar juara bersama Dallas Mavericks. Ia menempati urutan keenam pencetak poin sepanjang masa dengan rekor 31,500 poin dan menjadi MVP Final NBA 2007.

Gasol terakhir kali menjadi pemain pada 2019. Ia melalui dua dekade bersama Grizzlies, Lakers, Bulls, Spurs, dan Bucks. Pemain asal Spanyol itu meraih dua gelar dengan Lakers. Baru-baru ini Lakers memensiunkan nomor punggung 16 miliknya. Gasol 6 kali terpilih dalam All-Star dan membantu Spanyol menjadi juara dunia 2006.

Gregg Popovich menjadi pelatih dengan kemenangan terbanyak dengan rekor 1363 kemenangan. Ia membawa San Antonio Spurs memenangkan lima gelar sejak 1995. Popovich juga menangani timnas AS meraih emas Olimpiade Tokyo 2020.

Kedua muridnya juga masuk dalam daftar Hall of Fame tahun ini. Tony Parker bermain di bawah asuhannya selama 17 musim dan merasakan empat cincin juara. Pemain asal Prancis itu menjadi MVP Final NBA 2007. Kemudian Becky Hammon menjadi asisten Popovich di Spurs pada 2014-2022. Ia menjadi pelatih Las Vegas Aces dan langsung memenangkan gelar pada musim pertamanya di WNBA 2022. (rag)

Foto: NBA, Sportskeeda

Komentar