IBL

Lima anggota tim San Antonio Spurs, baik dulu dan sekarang, dinobatkan sebagai nominasi Naismith Basketball Hall of Fame tahun 2023. Keputusan tersebut diumumkan pada hari Kamis, 22 Desember 2022. Dari lima nama tersebut ada Gregg Popovich dan mantan asisten pelatih perempuan, Becky Hammon. 

Selain dua nama yang dari jajaran kepelatihan, ada beberapa mantan pemain seperti Tony Parker, Michael Finley, dan Pau Gasol. Disamping anggota tim Spurs, mantan pemain yang masuk nominasi Hall of Fame 2023 adalah Dirk Nowitzki dan Dwyane Wade. 

Tony Parker layak masuk nominasi tersebut. Parker sudah memenangkan empat gelar juara NBA bersama Spurs, selama 17 musim di NBA. Dia mendapatkan penghargaan MVP Final NBA 2007, setelah Spurs menyapu bersih Cleveland Cavaliers. Sementara Michael Finley, menjadi anggota tim Spurs yang menjadi juara di tahun 2007. Satu-satunya cincin juara NBA milik Finley bermotif tim Spurs. Finley bermain 82 pertandingan bersama Spurs di tahun 2007. Sedangkan dia diasuh oleh Gregg Popovich dalam empat setengah musim dengan catatan 9,3 poin per pertandingan. 

Nama pemain Spurs ketiga adalah Pau Gasol. Memang dalam sejarah NBA, Gasol dikenal sebagai punggawa terbaik Los Angeles Lakers. Tandem sempurna untuk mendiang Kobe Bryant, dan memenangkan gelar NBA tahun 2009 dan 2010. Namun Gasol pernah bermain di Spurs pada tahun 2016, di mana dia berperan penting dalam membawa Spurs ke Final Wilayah Barat. Selama dua setengah musim bersama Spurs, Gasol mecetak 10 poin dan 7,4 rebound dalam 168 pertandingan.

Foto: Bussiness Insider

Dari jajaran pelatih, nama Becky Hammon masuk nominasi Hall of Fame 2023. Dia menjabat sebagai asisten pelatih Spurs sejak 2014 hingga 2022. Hammon pernah menggantikan Popovich dalam beberapa pertandingan. Kemudian pada tahun 2022, Hammon pindah ke WNBA dan meraih sukses. Hammon memimpin Las Vegas Aces meraih gelar WNBA di tahun pertamanya sebagai kepala pelatih. 

Kemudian yang terakhir adalah Gregg Popovich. Pelatih yang sudah memimpin Spurs selama 26 musim. Pelatih yang akrab disapa Coach Pop tersebut membawa Spurs juara NBA lima kali. Dalam rekor pertandingan sebagai pelatih, Coach Pop mencatatkan jumlah kemenangan terbanyak dari semua pelatih yang pernah berkarir di NBA. 

Coach Pop mengucapkan terima kasih setelah dirinya masuk nominasi Hall of Fame 2023. Dia mengungkapkan hal tersebut kepada Tom Osborn dari The San Antonio Express-News. "Ini bukan sesuatu yang saya pikirkan tentang bertumbuh dan melatih. Juga bukan sesuatu yang saya cita-citakan. Saya hanya melakukan pekerjaan yang seharusnya saya lakukan. Nominasi seperti ini sangat membanggakan, dan mengejutkan bagi saya. Saya berterima kasih untuk hal ini. Apalagi ada beberapa pemain saya juga ada di daftar tersebut," katanya. 

Selain berterima kasih, Coach Pop merasa bahwa penghargaan tersebut belum pantas dia terima. Pasalnya, sampai sekarang dia masih aktif sebagai pelatih Spurs. Dia menganggap masih banyak pelatih legendaris lain yang pantas menerima penghargaan sebesar itu. (*)

Foto: Pounding The Rock

Komentar